التضاد في مسرحية "سر شهرزاد" لعلي أحمد باكثير (دراسة دلالية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfain, Bihevi (2023) التضاد في مسرحية "سر شهرزاد" لعلي أحمد باكثير (دراسة دلالية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bihevi Alfain_A91219078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tadhad merupakan salah satu relasi makna yang ada dalam kajian ilmu dilalah (Semantik), Tadhad banyak ditemukan di dalam Al-Qur’an, Hadis, dan juga karya sastra baik berupa syair maupun prosa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan objek penelitian berupa karya sastra yaitu naskah drama sirru syahrazad karya ali ahmad bakatsir. Di dalam drama sirru syahrazad peneliti menemukan banyak tadhad yang ada pada dialog antar tokoh dalam drama tersebut, sehingga peneliti menggunakan teori ilmu dilalah (semantik) khususnya tadhad dalam penelitiannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teks apa saja yang didalamnya terdapat tadhad, macam -macam tadhad dalam drama sirru syahrazad karya ali ahmad bakatsir, dan faidah tadhad dalam drama sirru syahrazad karya ali ahmad bakatsir. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa drama sirru syahrazad yang didalamnya terdapat tadhad dan sekunder dalam penelitian ini adalah jurnal, dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Hasil dari penelitian dalam drama Sirru Syahrazad karya Ali Ahmad Bakatsir yaitu peneliti menemukan 45 teks yang di dalamnya terdapat tadhad, dan di dalam teks – teks tersebut peneliti menemukan 53 tadhad, diantaranya adalah 23 tadhad al-had, 17 tadhad al-mutadarrij, 5 tadhad al-aksi, dan 8 tadhad al-ittijahiy al-imtidadi. Adapun faidah tadhad dalam drama sirru syahrazad karya ali ahmad bakatsir adalah untuk memperkuat makna dan memperjelas makna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfain, Bihevialfainbihevi@gmail.comA91219078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmad--2008066801
Thesis advisorSodiq, Machfud Muhamadgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Linguistik
Keywords: Tadhad; Sirru Syahrazad; Ali Ahmad Bakatsir
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Bihevi Alfain
Date Deposited: 16 May 2023 06:14
Last Modified: 16 May 2023 06:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62312

Actions (login required)

View Item View Item