تحليل الاستقبال عن النسوية في رواية امرأة عند نقطة الصفر لنوال السعداوي-Analisis resepsi terhadap feminisme dalam novel Perempuan di titik nol karya Nawal al Sa’dawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faradisi, Roghibah Jadwa (2023) تحليل الاستقبال عن النسوية في رواية امرأة عند نقطة الصفر لنوال السعداوي-Analisis resepsi terhadap feminisme dalam novel Perempuan di titik nol karya Nawal al Sa’dawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roghibah Jadwa Faradisi_A71219066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Karya-karya Nawal Al Sa’dawi selama ini dikenal mendapat resepsi yang kurang baik di negara-negara Arab utamanya di Mesir sebagai tempat kelahirannya, termasuk novel imro’ah inda nuqthoh al-shifr yang menjadi fokus kajian penelitian ini. Meski demikian, karya-karyanya justru populer dan mendapat respon yang positif di negara-negara lain. Penerimaan dan penolakan tersebut selalu erat kaitannya dengan nilai-nilai feminisme yang terdapat dalam novel tersebut. Maka penelitian ini berupaya untuk mengungkap sebuah fenomena berupa penerimaan (resepsi) pembaca di Indonesia terhadap novel secara umum dan terhadap feminisme yang terdapat dalam novel tersebut secara khusus dengan memakai analisis resepsi sastra sinkronik dan menggunakan teori resepsi milik Wolfgang Isser serta Stuart Hall. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara dengan fokus analisa berupa teks novel yang mengandung unsur intrinsik dan hasil wawancara berupa tanggapan-tanggapan dari responden. Adapun metode dan jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan unsur intrinsik novel perempuan di titik nol, (2) mendeskripsikan penerimaan pembaca di Indonesia terhadap unsur intrinsik novel perempuan di titik nol, (3) mendeskripsikan penerimaan pembaca di indonesia terhadap feminisme yang terdapat dalam novel perempuan di titik nol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam novel antara lain: tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, dan amanat, (2) Penerimaan pembaca di Indonesia terhadap unsur intrinsik dalam novel tergolong penerimaan yang baik. Hal tersebut dibuktikan dengan kesepakatan dan keselarasan pemahaman seluruh responden terhadap konsep unsur intrinsik yang ditawarkan oleh peneliti, (3) Penerimaan pembaca di Indonesia terhadap Feminisme dalam novel tergolong penerimaan yang baik dan dominan, dibuktikan dengan 8 dari 10 responden terpilih tergolong dalam pembaca dengan penerimaan yang dominan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faradisi, Roghibah Jadwafarahjadwa@gmail.comA71219066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurfathurrohim0169@gmail.com2025016901
Thesis advisorSodiq, Machfud Muhamadgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Fiksi
Sastra
Keywords: Resepsi sastra; Feminisme; Nawal al Sa’dawi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Roghibah Jadwa Faradisi
Date Deposited: 17 May 2023 00:49
Last Modified: 17 May 2023 00:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62318

Actions (login required)

View Item View Item