Penggunaan media assemblr edu berbasis augmented reality untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V-A pada materi organ gerak manusia di MIN 2 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi'ah, Inayatur (2023) Penggunaan media assemblr edu berbasis augmented reality untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V-A pada materi organ gerak manusia di MIN 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inayatur Rofi'ah_D97219082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas belum maksimal. Media pembelajaran yang digunakan guru belum mampu membuat siswa memahami materi dengan maksimal. Media yang kurang bervariasi mengakibatkan siswa bosan saat pembelajaran dilaksanakan. Permasalahan tersebut berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa yang terlihat pada persentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebesar 17,86% (sangat kurang). Oleh karena itu peneliti melakukan usaha perbaikan melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media Assemblr Edu berbasis Augmented Reality saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian : 1) Untuk mengetahui penggunaan media Assemblr Edu berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V-A pada materi organ gerak manusia di MIN 2 Kota Surabaya. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V-A pada materi organ gerak manusia setelah menggunakan media Assemblr Edu berbasis Augmented Reality di MIN 2 Kota Surabaya. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A MIN 2 Kota Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan media Assemblr Edu berbasis Augmented Reality telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I yaitu 78,06 (Cukup) meningkat menjadi 83,23 (Baik) pada siklus II. Adapun nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70 (Cukup) meningkat menjadi 84 (Baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar siswa kelas V-A pada materi organ gerak manusia mengalami peningkatan setelah menggunakan media Assemblr Edu berbasis Augmented Reality. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 71, 43% (Cukup) menjadi 89,23% (Baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi'ah, Inayaturinayatur424@gmail.comD97219082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorIndayati, Tatiktatikindayati@gmail.com--
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: assemblr edu berbasis augmented reality; hasil belajar; organ gerak manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Inayatur Rofi'ah
Date Deposited: 17 May 2023 02:55
Last Modified: 17 May 2023 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62323

Actions (login required)

View Item View Item