Analisis hukum islam terhadap pembayaran zakat perdagangan di pasar tradisional niaga mojosari kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasbullah, Muhammad Akbar (2023) Analisis hukum islam terhadap pembayaran zakat perdagangan di pasar tradisional niaga mojosari kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Akbar Hasbullah_C92219121.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembayaran zakat perdagangan di pasar tradisional niaga Mojosari kota Mojokerto ditinjau dari hukum Islam (FIKIH dan KHES). Rumusan masalah yang penulis fokuskan dalam penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan pembayaran zakat perdagangan di pasar tradisional niaga Mojosari kota Mojokerto? (2) Tinjauan Hukum Islam (FIKIH dan KHES) Terhadap praktik pelaksanaan zakat perdagangan di pasar tradisional niaga Mojosari kota Mojokerto?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris, yaitu penelitian yang langsung terjun ke lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang menghasilkan sebuah data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Sumber data penelitian didapatkan dari sumber primer, skunder, dan data tersier. Metode pengumpulan datanya dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu. (1) kedua pedagang muslim di pasar tradisional niaga Mojosari dalam pelaksanaan zakatnya yaitu dengan cara perhitungan dengan tidak memasukkan hutang, kebutuhan pokok dan kedua pedagang belum mengetahui batasan nisab, sehingga zakat perdagangan tidak jelas nishab dan haulnya. (2) pelaksanaan zakat perdagangan yang dilaksanakan kedua pedagang, saat mengeluarkan zakat tidak memperhatikan syarat dan ketentuan zakat yang sudah diatur dalam hukum Islam maupun yang termaktub dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Sehingga dapat dikatakan bahwa zakat yang dikeluarkan oleh kedua pedagang di pasar tradisional niaga Mojosari tidak sah, dalam Kompilasi Hukum Ekomomi Syariah Pasal 672 disebutkan bahwa zakat harta dagangan diantaranya cukup nishab dan haul, zakat yang dikeluarkan harus sepadan dengan 85 gram emas, pada akhir masa haul, besar zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5%. Penulis menyarankan kepada pedagang di pasar tradisional niaga Mojosari, pedagang harus mempelajari terkait pembayaran zakat perdagangan sebelum membuka usaha agar usahanya tetap menjadi keberkahan dan menjadi penolong untuk kemaslahatan umat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasbullah, Muhammad Akbarakbardhasbullah@gmail.comC92219121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
UNSPECIFIED-, ---
Subjects: Hukum Ekonomi
Zakat
Keywords: Zakat perdagangan; hukum islam; khes
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Akbar Hasbullah
Date Deposited: 17 May 2023 05:13
Last Modified: 17 May 2023 05:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62332

Actions (login required)

View Item View Item