Upaya diplomasi publik Indonesia pada pagelaran motorcycle grand prix (motogp) Mandalika tahun 2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adifulloh, Sofyan (2023) Upaya diplomasi publik Indonesia pada pagelaran motorcycle grand prix (motogp) Mandalika tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofyan Adifullah_I02219028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya diplomasi publik Indonesia pada pagelaran Motorcycle Grand Prix (MotoGP) Mandalika tahun 2022 . Diplomasi publik merupakan strategi untuk meningkatkan citra dan reputasi suatu negara di mata dunia internasional. Gelaran MotoGP Mandalika 2022 menjadi peluang emas bagi Indonesia untuk memperkenalkan potensi pariwisata dan budaya Indonesia kepada masyarakat dunia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan temuan di lapangan, ditemukan tiga upaya diplomasi publik Indonesia untuk melakukan diplomasi publik pada pagelaran MotoGP Mandalika tahun 2022. Pertama, dalam bidang news management, dengan cara mengelola berita melalui berbagai kegiatan seperti MCI, Public Relations, Targeting Ads, media tradisional, media digital, hingga mengundang narasumber dari berbagai instansi dan lembaga. Hal ini dilakukan untuk menjangkau masyarakat domestik dan mancanegara melalui komunikasi harian agar sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Kedua, dalam bidang strategic communication, yaitu dengan mempromosikan potensi destinasi wisata Mandalika dan Indonesia secara keseluruhan melalui kegiatan yang mengangkat tema sederhana. Strategi-strategi tersebut mencakup kampanye 360, promosi melalui acara pendukung MotoGP Mandalika, dan integrasi pesan dalam branding Mandalika GP Series & Mandalika Xperiences. Ketiga, dalam bidang relationship building, yaitu dengan menjalin kerjasama mitra strategis dengan Pertamina serta 15 perusahaan terkemuka sebagai sponsor dalam pelaksanaan acara serta membangun hubungan yang baik antara pihak penyelenggara MotoGP dan masyarakat lokal Mandalika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adifulloh, Sofyansofyan.adifullah@aiesec.netI02219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzakyismail@uinsby.ac.id2030128201
Subjects: Hubungan Internasional
Politik Internasional
Keywords: Diplomasi publik; motogp mandalika; indonesia.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Sos Sofyan Adifullah
Date Deposited: 23 May 2023 01:47
Last Modified: 23 May 2023 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62335

Actions (login required)

View Item View Item