Online customer review dalam meningkatkan kepercayaan konsumen dalam perspektif teori AGIL Talcott Parsons

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Nurul (2023) Online customer review dalam meningkatkan kepercayaan konsumen dalam perspektif teori AGIL Talcott Parsons. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hikmah_I03219029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang fitur online customer review di aplikasi shopee dalam memberikan dan meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk di toko Crisspa Store, Jace Official dan Star Cosmetics Surabaya sehingga kemudian melakukan pembelian pada ketiga toko tersebut. Adapun rumusan masalah pada penelitian skripsi ini ada dua, yakni: 1) Bagaimana proses online customer review pada produk yang ada di toko Crisspa Store, Jace Official, Dan Star Cosmetics Surabaya? 2)Bagaimana dampak online customer review dalam meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membeli produk di toko Crisspa Store, Jace Official dan Star Cosmetics Surabaya. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ditentukan secara purposive, yakni pemilik toko Crisspa Store, Jace Official, dan Star Cosmetics Surabaya serta konsumen yang telah melakukan transaksi di tiga toko tersebut yang memberikan review secara online di aplikasi Shopee dan juga konsumen yang melakukan transaksi namun tidak memberikan review. Data yang dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data digunakan triangulasi dengan sumber.Teori yang digunakan pada penelitian skripsi ini adalah teori struktural fungsional AGIL Talcott Parsons, teori ini merupakan teori yang menekankan mengenai elemen dalam masyarakat yang menyatu pada sebuah sisitem yang kemudian berfungsi dengan baik sehingga sistem tersebut kemudian dapat menciptakan sebuah keseimbangan.Peneliti menemukan bahwa fitur online customer review adalah salah satu penyebab konsumen di toko Crisspa Store, Jace Official dan Star Cosmetics Surabaya melakukan keputusan pembelian pada produk yang dijual di tiga toko tersebut, peneliti menemukan bahwa fitur online customer review adalah fitur yang mampu meningkatkan kepercayaan konsumen pada toko Crisspa Store, Jace Official dan Star Cosmetics Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Nurulnurulhikmahnadzim@gmail.comI03219029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahryan@yahoo.co.id2001037701
Subjects: Ekonomi
Internet
Keywords: Online Customer Review; Kepercayaan Konsumen; Crisspa Store
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nurul Hikmah
Date Deposited: 17 May 2023 20:59
Last Modified: 17 May 2023 20:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62351

Actions (login required)

View Item View Item