Dimensi sufi healing dalam ajaran tarekat alawiyah masyarakat urban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khomsin, Hanif Silmi (2023) Dimensi sufi healing dalam ajaran tarekat alawiyah masyarakat urban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanif Silmi Khomsin_E97219072.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hadirnya praktik sufi di perkotaan yang semakin marak, menandakan kehampaan spiritual yang terjadi di masyarakat urban. Skripsi ini mengkaji mengenai mengintegrasikan antara Tarekat Alawiyah dan tasawuf Al-Ghazali sebagai sufi healing. Penulisan pada skripsi ini menjelaskan mengenai masalah, Pertama bagaimana masyarakat urban dalam pandangan Tarekat Alawiyah. Kedua bagaimana dimensi sufi healing dalam ajaran Tarekat Alawiyah. Ketiga bagaimana implementasi sufi healing pada masyarakat urban. Dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif integrasi dengan ajaran Tarekat Alawiyah dan tasawuf Al-Ghazali, dengan pendekatan kepustakaan (library research) dan wawancara. Dari hasil penelitian ini mendapatkan unsur sufi healing pada ajaran Tarekat Alawiyah adalah ilmu dan amal Ilmu, ilmu memunculkan ma’rifat akan Tuhan dan mahabbah. Amal dengan membiasakan membaca al-Quran, doa, zikir, dan melahirkan sikap tawakal dan sabar. Khauf dan ikhlas termasuk penyembuhan sufistik dan wara’ melahirkan sikap zuhud. Sufi healing pada ajaran Tarekat Alawiyah dapat berdampak positif pada masyarakat urban, sikap humanis pada ajaran tarekat ini dapat membantu masyarakat urban mengatasi problematika yang dihadapi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khomsin, Hanif Silmihanifsilmi02@gmail.comE97219072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, Hodrihodria@yahoo.com2017117001
Subjects: Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Tasawuf
Spiritualisme
Keywords: Tarekat alawiyah; tasawuf al-Ghazali; sufi healing; masyarakat urban
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Hanif Silmi Khomsin
Date Deposited: 19 May 2023 01:48
Last Modified: 19 May 2023 01:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62357

Actions (login required)

View Item View Item