Peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan islam melalui model course review horay pada siswa kelas III di MIN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Magfiroh, Hilda Dwi (2023) Peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan islam melalui model course review horay pada siswa kelas III di MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilda Dwi Magfiroh_D07219014.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa di kelas III-A MIN 1 Sidoarjo pada mata pelajaran Sejarah Kebudyaan Islam. Berdasarkan hasil pra siklus diperoleh nilai persentase ketuntasan siswa sebesar 37,93%. Dari 29 siswa hanya 11 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas sebesar 55,65. Hal ini dikarenakan kurangnya variasi guru dalam menerapkan model pembelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan model Course Review Horay dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III MIN 1 Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Course Review Horay pada mata pelajaran SKI di kelas III MIN 1 Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di kelas III-A MIN 1 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-A MIN 1 Sidoarjo yang berjumlah 29 anak. Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model Course Review Horay sudah dinyatakan berhasil dan berkategori baik, hal ini dapat dilihat hasil observasi aktivitas guru mencapai 80 pada siklus I dan meningkat menjadi 86 pada siklus II. Hasil observasi siswa mencapai 77 pada siklus I dan meningkat menjadi 88 pada siklus II. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah menerapkan model Course Review Horay mengalami peningkatan. Perolehan persentase ketuntasan siswa pada pra siklus sebesar 37,93% (tidak baik), pada siklus I sebesar 65,51% (cukup), dan pada siklus II sebesar 75,86% (baik). Nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 55,65 (tidak baik), pada siklus I sebesar 77,06 (cukup), dan pada siklus II sebesar 81,24 (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Magfiroh, Hilda Dwihildamagfiroh20@gmail.comD07219014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; sejarah kebudayaan Islam; model course review horay
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hilda Magfiroh
Date Deposited: 17 May 2023 04:38
Last Modified: 17 May 2023 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62359

Actions (login required)

View Item View Item