Peran dinas P3AKB dalam perlindungan hukum bagi anak korban kekerasan seksual berdasarkan perspektif viktimologi dan hukum pidana Islam: studi kasus di dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan keluarga berencana (DP3AKB) Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Elisa Nurul (2023) Peran dinas P3AKB dalam perlindungan hukum bagi anak korban kekerasan seksual berdasarkan perspektif viktimologi dan hukum pidana Islam: studi kasus di dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan keluarga berencana (DP3AKB) Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elisa Nurul Hidayah_C73219055.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan judul “Peran Dinas P3AKB Dalam Perlindungan Hukum Bagi Anak Korban Kekerasan Seksual Berdasarkan Perspektif Viktimologi dan Hukum Pidana Islam (Studi Kasus di Dinas P3AKB Kabupaten Sidoarjo)”. Skripsi ini disusun guna memberikan jawaban atas 2 (dua) pertanyaan. Pertama, bagaimana analisis viktimologi terhadap peran Dinas P3AKB dalam perlindungan hukum bagi anak korban kekerasan seksual di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Kedua, bagaimana analisis hukum pidana Islam terhadap peran Dinas P3AKB dalam perlindungan hukum bagi anak korban kekerasan seksual di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yakni metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji secara konkret terkait dengan peran Dinas P3AKB Kabupaten Sidoarjo dalam memberikan upaya perlindungan terhadap anak yang menjadi korban kekerasan seksual. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yakni penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan konseptual (conceptual approach). Data penelitian dalam skripsi ini diperoleh dengan menggunakan beberapa teknik, di antaranya yakni teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dan diperoleh penulis di antaranya yakni: Pertama, Dinas P3AKB memiliki peran yang dijalankan melalui UPTD PPA dengan memberikan upaya perlindungan terhadap anak korban kekerasan seksual berupa penjangkauan korban, pendampingan hukum dan/atau psikologis, serta penampungan sementara. Kedua, bentuk perlindungan yang diberikan oleh Dinas P3AKB kepada korban memiliki keterkaitan dengan teori viktimologi yakni memberikan bantuan hukum dan pelayanan medis maupun psikologis. Selain itu, juga memiliki keterkaitan dengan hukum Islam yang telah sesuai dengan Al-Qur’an dan hadits yakni bertujuan untuk menegakkan maslahat dan keadilan. Upaya perlindungan terhadap tindak kekerasan seksual dapat dilakukan secara preventif, represif, dan kuratif. Masing-masing dari upaya tersebut telah diatur dalam Al-Qur’an dan hadits. Upaya preventif terdapat dalam Q.S. An-Nur ayat 58 dan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud, upaya represif terdapat dalam Q.S. An-Nur ayat 2, dan upaya kuratif terdapat dalam Q.S. An-Nisa ayat 9. Adapun saran yang ditulis dalam penelitian ini yakni: Pertama, dirasa perlu bagi para orang tua untuk memilah kembali ajaran yang ada dalam adat istiadat, karena tidak semua ajaran tersebut dapat ditunaikan begitu saja tanpa memikirkan resikonya. Kedua, saran yang ditujukan kepada Dinas P3AKB/UPTD PPA Kabupaten Sidoarjo yakni mengadakan sosialisasi yang juga ditujukan kepada para orang tua, bukan hanya sosialisasi kepada remaja saja. Dalam hal ini penulis menganggap bahwa orang tua memiliki peran yang paling utama dalam mendidik anak-anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Elisa Nurulelisanurulh@gmail.comC73219055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCandra, Marlimcand23@gmail.com2014048502
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Hukum pidana Islam; anak korban kekerasan seksual; Viktimologi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Elisa Nurul Hidayah Hidayah
Date Deposited: 17 May 2023 05:26
Last Modified: 17 May 2023 05:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62361

Actions (login required)

View Item View Item