Kajian Ekowisata berbasis Maqasid Al Syariah: studi pengelolaan Wisata Alam Mangrove Hijau Daun Pulau Bawean Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masitoh, Imas (2023) Kajian Ekowisata berbasis Maqasid Al Syariah: studi pengelolaan Wisata Alam Mangrove Hijau Daun Pulau Bawean Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imas Masitoh_G94219158 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ketimpangan dalam pengelolaan wilayah pesisir merupakan salah satu tantangan di Indonesia. Rendahnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan wilayah pesisir, mengakibatkan masyarakat cenderung melakukan kegiatan yang dapat merusak lingkungan pesisir. Desa daun terletak di wilayah pesisir Pulau Bawean, desa tersebut mengembangkan wisata alam yang bergerak di bidang konservasi. Wisata alam Mangrove Hijau Daun menjalankan perannya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Wisata tersebut banyak menarik perhatian wisatawan luar pulau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan wisata alam Mangrove Hijau Daun perspektif maqāṣid al-syarī’ah. Metode observasi lapangan dan wawancara digunakan untuk mendukung pengumpulan data. Teori Yusuf al-Qardhawi digunakan untuk menganalisis temuan lapangan. Misalnya, menjaga lingkungan adalah bagian menjaga agama, jiwa, akal, keturunan dan harta. Dua kesimpulan dapat ditarik dari penelitian ini. Pertama, wisata alam Mangrove Hijau Daun menerapkan beberapa aspek dalam pengelolaannya yakni pengalaman dan edukasi, meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan, pemberdayaan masyarakat, penguatan ekonomi masyarakat, dan keberlanjutan hal tersebut sebagai upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan dan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat lokal. Kedua, wisata alam Mangrove Hijau Daun menerapkan nilai-nilai maqāṣid al-syarī’ah dalam operasionalnya.Dengan menggunakan aspek-aspek tersebut diharapkan untuk mencapai tujuan dari syariah, yakni untuk kemaslahatan hamba-Nya di akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masitoh, Imasimasmadu9@gmail.comG94219158
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Lingkungan Hidup
Ekologi
Keywords: Maqsid al syariah; konservasi lingkungan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Imas Imas Masitoh Abd kifli
Date Deposited: 17 May 2023 07:10
Last Modified: 17 May 2023 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62367

Actions (login required)

View Item View Item