Pemberdayaan masyararakat berbasis pemanfataan lahan pekarangan melalui Tanaman Cabai Rawit Dusun Kemiri Desa Kepuhkemiri Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saifulloh, Mochamad Masud (2023) Pemberdayaan masyararakat berbasis pemanfataan lahan pekarangan melalui Tanaman Cabai Rawit Dusun Kemiri Desa Kepuhkemiri Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Masud Saifulloh_B92219109 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang proses pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan dengan melalui tanaman cabai rawit. Tanaman cabai rawit mempunyai banyak manfaat baik kandungan vitamin maupun kandungan yang diperoleh dari masyarakat. Tanaman cabai rawit mengandung vitamin A dibandingkan cabai lainnya. Selain untuk sayuran, cabai rawit mempunyai keunggulan lain yaitu industri makanan, ramuan, maupun farmasi. Selain untuk pengobatan alternatif pada mata, cabai rawit juga bisa meredakan sakit tenggorokan. Cabai rawit bisa menggantikan fungsi minyak gosok untuk mengurangi rasa pegal-pegal, rematik, sesak napas, dan gatal-gatal. Banyaknya manfaat kandungan dari cabai rawit, dapat digunakan sebagai hasil dari pemanfaatan lahan pekarangan masyarakat. Dengan menggunakan lahan pekarangan, perawatan dan penanaman terhadap cabai rawit dapat mencapai hasil yang maksimal serta menambah kegiatan baru dalam lingkungan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Asset Based Community Development (ABCD) sehingga dalam prosesnya syarat akan prinsip partisipasi pihak-pihak terkait atas masalah sosial yang terjadi agar tujuan yang diharapkan bersama dapat tercapai. Hasil dari penelitian aksi ini adalah meningkatnya keterampilan kelompok petani dalam mengelola tanaman cabai rawit, memiliki peluang usaha melalui hasil dari pengolahan tanaman yang ada di lahan pekarangan, dan mendapatkan pemasukan tambahan sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat, serta membuat masyarakat lebih semangat dalam belajar dan berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saifulloh, Mochamad Masudmasudsaifullah0@gmail.comB92219109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, M. MunirUNSPECIFIED2017035901
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan; pemanfaatan lahan pekarangan; Tanaman Cabai Rawit
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mochamad Masud Saifulloh
Date Deposited: 17 May 2023 15:19
Last Modified: 17 May 2023 15:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62369

Actions (login required)

View Item View Item