Asrar Istikhdam Al Hadhf Fi Surah Al Taubah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasan, Zainul (2016) Asrar Istikhdam Al Hadhf Fi Surah Al Taubah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (756kB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an ialah Kalam Allah yang diturunkan kepada Rasulullah sebagai sumber dari berbagai displin ilmu pengetahuan. al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab memiliki berbagai keistimewaan, di antaranya memiliki keindahan susunan kata dan makna yang tersirat. Dalam hal ini penulis lebih tertarik pada keindahan al-Qur’an dari segi makna yang tersirat, di antara keindahan tersebut ialah dengan membuang sebagian huruf, kata, atau kalimat dalam sebuah ungkapan pernyataan atau perkataan, hal ini dikenal dengan istilah Hadhf (حذف). Sebagai contoh penulis menemukan beberapa ayat yang mengandung Hadhf pada surat al-Taubah, di dalam surat ini terdapat beberapa ungkapan yang dihilangkan dengan tujuan tertentu. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini ialah: ayat mana saja yang mengandung Hadhf pada surat al-Taubah? Apa sajakah bentuk-bentuk Hadhf tersebut? Dan apakah rahasia-rahasia dibalik penggunaan Hadhf tersebut?.
Surat al-Taubah tergolong dalam surat madaniyah yang memiliki 129 ayat. Surat ini merupakan surat yang terakhir diturunkan kepada Rasulullah. Dalam mushaf al-Qur’an, surat ini merupakan surat yang ke 9. Surat ini menceritakan tentang pernyataan pemutusan perjanjian damai dengan kaum musyrik.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Kualitatif ialah metode yang lebih menekankan pada aspek pemahaman kualitas secara mendalam terhadap suatu masalah dan hasilnya bukan berupa angka-angka, sedangkan deskriptif ialah mendeskripsikan hasil-hasil penelitian secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat. Kemudian langkah-langkah penulis dalam mengumpulkan data ialah dengan menggunakan teknik research library (tinjauan pustaka), yaitu penulis membaca berulang-ulang hingga menemukan data-data yang berkaitan dengan Hadhf, setelah itu penulis melakukan analisis pada data-data tersebut dan menghasilkan hasil penelitian yang dikehendaki sesuai dengan rumusan masalah.
Dan hasilnya, penulis menemukan terdapat 34 ayat yang mengandung Hadhf, yakni pada ayat ke 1, 2, 3, 8, 11, 19, 25, 28, 31, 35, 38, 41, 42, 43, 48, 60, 61, 69, 74, 79, 81, 82, 92, 94, 95, 102, 105, 107, 109, 111, 112, 117, 127, dan 128. Di dalam ayat-ayat tersebut terdapat 37 data. Macam-macam bentuk data tersebut ialah pembuangan sebagian huruf, kata benda, kata kerja, dan kalimat. Penulis juga mengungkap rahasia-rahasia dibalik penggunaan Hadhf tersebut, yakni yang bertujuan untuk mengagungkan nama Allah, untuk meringankan dalam pengucapan, untuk memberikan penjelasan, untuk meringkas, untuk menjaga perkataan dari mengucapkan sesuatu yang dimuliakan, dan untuk menjaga perkataan dari mengucapkan sesuatu yang dibenci.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasan, Zainulzainulhasan.za@gmail.comA01212056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@yahoo.co.id2022127601
Subjects: Sastra
Keywords: Asrar Istikhdam; al Hadhf; Surah al Taubah;
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Zainul Hasan
Date Deposited: 11 May 2016 03:21
Last Modified: 05 Dec 2019 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6237

Actions (login required)

View Item View Item