Tindak pidana penipuan lowongan pekerjaan di media sosial dalam perspektif viktimologi: studi kasus di wilayah hukum Polrestabes Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Trisna Nur (2023) Tindak pidana penipuan lowongan pekerjaan di media sosial dalam perspektif viktimologi: studi kasus di wilayah hukum Polrestabes Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Trisna Nur Fadilah_C93219108 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tindak Pidana Penipuan Lowongan Pekerjaan di Media Sosial dalam Perspektif Viktimologi (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polrestabes Surabaya)”. Skripsi ini ditulis guna menjawab pertanyaan yang dituangkan di dalam rumusan masalah yaitu Bagaimana tinjauan viktimologi terhadap korban tindak pidana penipuan lowongan pekerjaan di media sosial dan Bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap korban tindak pidana penipuan lowongan pekerjaan di media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang menggunakan pendekatan studi kasus. Jenis studi kasus yang digunakan yaitu instrumental case study. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya selaku penyidik dan para korban serta didukung dengan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan empiris dengan pola pikir deduktif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan terjadinya tindak pidana penipuan lowongan pekerjaan di media sosial bukan semata-mata karena pelaku kejahatan. Ada beberapa faktor pendorong terjadinya tindak pidana yang menyebabkan seseorang menjadi korban, yaitu faktor internal dan eksternal dalam diri korban, sesuai dengan yang dikemukakan oleh Hentig. Kemudian, selain anjuran untuk menolong korban kejahatan hukum pidana Islam juga membahas mengenai kerentanan seseorang menjadi korban kejahatan walaupun tidak disebutkan secara spesifik. Sejalan dengan kesimpulan diatas, penulis menyarankan terhadap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara menggali informasi secara detail, meningkatkan kesadaran hukum, dan meningkatkan moral yang baik guna mengurangi angka tindak pidana penipuan lowongan pekerjaan di media sosial sehingga dapat meminimalisir penimbulan korban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Trisna Nurtrisnafadilah1234@gmail.comC93219108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarjiyati, Sriwarjiyatisri@gmail.com2026086802
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Penipuan, media sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: TRISNA FADILAH
Date Deposited: 19 May 2023 06:30
Last Modified: 19 May 2023 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62370

Actions (login required)

View Item View Item