التهذيب اللغوي وانتهاكه في كارتون"مغامرات منصور(بالفصحي)" بنظرية ليتش (دراسة تداولية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wiradjaja, Mutiara Dita (2023) التهذيب اللغوي وانتهاكه في كارتون"مغامرات منصور(بالفصحي)" بنظرية ليتش (دراسة تداولية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutiara Dita Wiradjaja_A01219026_OK.pdf

Download (766kB)

Abstract

Kesantunan tidak hanya pada sikap seseorang saja tetapi juga berlaku dalam berkomunikasi. Kesantunan menjadi asas setiap manusia dan tolak ukur dalam penilaian seseorang baik dari segi sosialnya, budayanya, dan agamanya, karena tertulis dalam alquran yang telah memperhatikan kesantunan. Kesantunan berbahasa juga berlaku untuk semua generasi dari orang tua sampai anak-anak.penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui kesantunan berbahasa dan pelanggarannya didalam film kartun Mughaamaraatu Mansour ”bilfushah”, yang tersedia dalam platform Youtube. Penelitian ini menggunakan teori kesantunan berbahasa menurut Geoffrey Leech. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif, dan teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dua proses teknik yaitu (1) teknik simak (menonton) dan (2) teknik catat. Kegiatan analisa data dimulai dari pemilihan data, kemudian penyeleksian data yang sesuai dengan kesantunan berbahasa dan pelanggarannya, kemudian data diklasifikasikan sesuai dengan maksim-maksim kesantunan berbahasa dan pelanggarannya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa film kartun Mughaamaraatu Mansour ”bilfushah” pada episode “fii Al-Madrasati” Ditemukan sebanyak dua puluh tiga tuturan dengan prinsip kesantunan berbahasa, karena ditemukan beberapa tokoh pada film tersebut santun saat berkomunikasi dengan lawan tuturnya, dan meminimalisasi tuturan tidak sopan. Selain itu terdapat empat belas pelanggaran kesantunan berbahasa, karena beberapa tokoh antagonis bertutur kata mengejek, egois, dan tidak sopan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wiradjaja, Mutiara Ditamutiara1202@gmail.comA01219026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAditoni, Agusagusaditoni@gmail.com2002106201
Thesis advisorAlindah, Lutfiyaha_lindah@yahoo.com198607202020122010
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Kesantunan; Pragmatik; Linguistik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mutiara Dita Wiradjaja
Date Deposited: 15 May 2023 01:19
Last Modified: 15 May 2023 01:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62371

Actions (login required)

View Item View Item