Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun: studi kasus di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafanissa, Afriza Diqza (2023) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun: studi kasus di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afriza Diqza Syafanissa_D09219001 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca permulaan yang rendah kelompok usia 5-6 tahun di RA Muslimat Nadhatul Ulama 10 Banin Banat Gresik dan tuntutan orang tua terhadap guru perihal kemampuan anaknya dalam membaca permulaan yang rendah. Dengan demikian, guru memberikan upaya yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui informasi terkait kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di RA Muslimat Nadhatul Ulama 10 Banin Banat Gresik, (2) untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa usia 5-6 tahun.di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Gresik. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul proses selanjutnya ialah analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru sudah maksimal, hal ini ditunjukkan oleh adanya peningkatan yang signifikan dari semester 1 hingga 2. Selain itu, adanya perubahan kemampuan membaca permulaan yang lebih baik jika dibandingkan tahun ajaran sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafanissa, Afriza Diqzaafriza.ds@gmail.comD09219001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorM. Bahri, Musthofabahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorRatna, Pangastutiratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Minat Baca
Keywords: Upaya guru; kemampuan membaca permulaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Afriza Diqza Syafanissa
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:08
Last Modified: 03 Jul 2023 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62394

Actions (login required)

View Item View Item