Pengorganisasian Komunitas Olkampin (Olahan Kampung Pintar) Tembok Gede dalam pengembangan skill enterpreneurship di Kelurahan Bubutan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

RMI, Siti Hajar (2023) Pengorganisasian Komunitas Olkampin (Olahan Kampung Pintar) Tembok Gede dalam pengembangan skill enterpreneurship di Kelurahan Bubutan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Hajar RMI_B02219038_OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), yakni pendekatan berbasis aset, dalam mencapai sebuah tujuan yang diharapkan. Pendekatan ini menggunakan tahapan yang disebut dengan 5D, yakni Discovry, Dream, Design, Define dan Destiny.Melalui penelitian dan pendampingan ini, ditemukan aset yang dimiliki berupa aset SDA yakni lahan pekarangan yang digunakan dalam bertani urban farming, aset SDM berupa individual skill dan juga kelembagaan komunitas. Upaya pengoranisasian yang dilakukan berupa pemanfaatan pada aset yang dimiliki oleh anggota komunitas, serta membentuk lembaga dalam keberlanjutan program kedepannya. Dakwah pemberdayaan yang dilakukan berhasil membentuk kemandirian dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan spiritualitas anggota komunitas semakin meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
RMI, Siti Hajarkakapuput9@gmail.comB02219038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Keterampilan
Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan
Wirausaha
Keywords: Pengorganisasian kelompok tani; Enterpreneurship Ekonomi.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Hajar RMI
Date Deposited: 18 May 2023 12:16
Last Modified: 18 May 2023 12:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62398

Actions (login required)

View Item View Item