Analisis manajemen krisis yatim mandiri pusat dalam menghadapi pandemi covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardavie, Akhmad Dany (2023) Analisis manajemen krisis yatim mandiri pusat dalam menghadapi pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Dany Ardavie_B94219065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen krisis Yatim Mandiri Pusat dalam menghadapi Pandemi Covid-19 dan faktor-faktor penghambat proses penerapan manajemen krisis. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan jenis penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. Kemudian, untuk analisis data peneliti menggunakan pendekatan Miles and Huberman. Hasil dari penelitian adalah Yatim Mandiri Pusat menerapkan manajemen krisis sebagai upaya lembaga untuk menghadapi Pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 merupakan bencana non-alam di sektor kesehatan. Berdasarkan waktu terjadinya, Pandemi Covid-19 juga termasuk tipe krisis immediate crisis. Krisis Pandemi Covid-19 menimbulkan dampak yang bertahap, yaitu dampak kesehatan, dampak sosial, dan dampak ekonomi. Krisis yang dihadapi: kondisi kesehatan karyawan dan relawan, kurangnya kecakapan penggunaan teknologi, dan program sosial sulit terlaksana. Tahapan manajemen krisis: analisis krisis, perencanaan program yang matang, pelaksanaan program manajemen krisis, dan evaluasi manajemen krisis. Program manajemen krisis: pivot program, program yatim covid, work from home (wfh), rotasi kerja (rolling), komunikasi dan koordinasi yang intens, mengoptimalkan media online, dan program kesehatan. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat penerapan manajemen krisis di Yatim Mandiri Pusat adalah keselamatan karyawan, kondisi cabang yang berbeda-beda, kondisi relawan, kurangnya pengawasan regulator dalam pelaksanaan manajemen krisis, kebijakan pemerintah, dan tingkat keparahan pandemi covid-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardavie, Akhmad Danyardavie48@gmail.comB94219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaletehan, Aun Falestienaunff@yahoo.co.id2014058201
Thesis advisorIlham, Moh.moh.ilham@uinsby.ac.id2022019104
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Hubungan Masyarakat
Keywords: Manajemen krisis; yatim mandiri; pandemi covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Akhmad Dany Ardavie
Date Deposited: 23 May 2023 02:24
Last Modified: 23 May 2023 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62400

Actions (login required)

View Item View Item