Solidaritas kelompok petani dalam pengelolaan kualitas produk melon untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Kayulemah Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robiah, Amirotur (2023) Solidaritas kelompok petani dalam pengelolaan kualitas produk melon untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Kayulemah Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amirotur Robiah_I73219038 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bentuk-bentuk solidaritas yang dilakukan kelompok petani dalam pengelolaan kualitas produk melon di desa Kayulemah (2) Upaya menjaga solidaritas kelompok petani untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa Kayulemah. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan bertempat di desa Kayulemah kecamatan Sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Teknik penentuan informan dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstuktur dan dokumentasi. Sedangkan pemilihan subjek penelitian menggunakan Teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini teori yang dipakai untuk menganalisis data adalah teori solidaritas social Emile Durkheim. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam kelompok petani di desa Kayulemah mampu menumbuhkan nilai solidaritas antar anggotanya melalui bentuk-bentuk solidaritas yaitu gotong royong, bekerja sama, pemasaran, hubungan pemerintah, dan pertemuan. (2) Upaya yang dilakukan kelompok petani di desa Kayulemah dalam menjaga solidaritasnya terwujud dalam pelaksanaan kegiatan budaya petani yaitu dengan bentuk gotong royong, kerjasama menjaga hubungan silaturahmi, dan sikap saling membantu dalam berbagai kegiatan kelompok petani ataupun kegiatan yang ada di desa Kayulemah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robiah, Amiroturamirotur25@gmail.comI73219038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitisiti.azizah@uinsby.ac.id2001037701
Subjects: Hubungan Masyarakat
Kesejahteraan Sosial
Pemasaran
Keywords: Solidaritas Sosial; Kelompok Petani; Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Amirotur Robiah
Date Deposited: 19 May 2023 07:16
Last Modified: 19 May 2023 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62410

Actions (login required)

View Item View Item