Pendampingan masyarakat eks kusta melalui usaha kreatif pembuatan Tas dari botol plastik di UPT Rehabilitasi Sosial Bina Lara Kronis Dusun Nganget Desa Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabihah, Evita Zuhnun (2023) Pendampingan masyarakat eks kusta melalui usaha kreatif pembuatan Tas dari botol plastik di UPT Rehabilitasi Sosial Bina Lara Kronis Dusun Nganget Desa Kedungjambe Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evita Zuhnun Nabihah_B72219060_OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pendampingan masyarakat eks kusta yang mengalami keterbatasan dengan anggota tubuhnya dan mengalami keterasingan oleh masyarakat luar. Pendampingan dilakukan dengan memanfaatkan potensi mereka dalam bidang keterampilan yaitu pengolahan botol plastik bekas menjadi kerajinan tas. Proses pendampingan dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aset dan potensi yang dimiliki masyarakat eks kusta, mensejahterakan kehidupan mereka dan memanfaatkan limbah yang ada dengan sebuah kerajinan yang bernilai jual. Proses pendampingan yang dilakukan dengan mengidentifikasi mengenai aset dan potensi masyarakat eks kusta ABCD (Asset Based Community Development). Pemberdayaan dilakukan untuk memanfaatkan kemampuan dan aset yang ada dilingkungan masyarakat eks kusta dengan tahapan 5D yaitu: Discovery, Dream, Design, Define dan Destiny. Melalui pendampingan dengan pemanfaatan aset diharapkan mampu mewujudkan kemandirian masyrakat eks kusta yang ada. Hasil dari pendampingan yang dilakukakan oleh peneliti dan para (klien) di UPT Rehabilitasi Sosial yakni menjadikan mereka mampu untuk memanfaatkan aset yang berada disekitar mereka dan mampu mengolahnya menjadi sesuatu yang bernilai jual. Adanya perubahan pola pikir bahwa mereka juga memiliki kelebihan di bidang keterampilan, sehingga menjadikan mereka mandiri untuk meningkatkan pendapatan dan tidak adanya deskriminasi yang dialami. Dengan pengolaan botol plastik yang dimanfaatkan juga termasuk menjaga lingkungan sekitar mereka agar hidup sejahtera, bersih dan hidup sehat tanpa sampah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabihah, Evita Zuhnunevita.zuhnun25@gmail.comB72219060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Ekonomi
Keywords: Eks kurata; limbah botol plastik; ekonomi kreatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Evita Zuhnun Nabihah
Date Deposited: 19 May 2023 00:39
Last Modified: 19 May 2023 00:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62415

Actions (login required)

View Item View Item