Peran orang tua dalam membentuk kemandirian anak pada kelompok B di TK Muslimat NU 12 Mambaul Ulum Bedanten Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novana, Novana (2023) Peran orang tua dalam membentuk kemandirian anak pada kelompok B di TK Muslimat NU 12 Mambaul Ulum Bedanten Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novana_D79219030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran orang tua dalam membentuk kemandirian anak pada kelompok B di TK Muslimat NU 12 Mambaul Ulum. Peran orang tua sangat berpengaruh dalam membentuk kemandirian pada anak. Beberapa anak memiliki tingkat kemandirian yang berbeda. Hal ini disebabkan adanya perbedaan pengasuhan dari orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam membentuk kemandirian anak di TK Muslimat NU 12 Mambaul Ulum. Selain itu peneliti juga mendeskripsikan upaya orang tua dalam membentuk kemandirian anak dan juga hambatan yang dialami orang tua pada saat membentuk kemandirian pada anak. Penelitian tersebut menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan. Subjek penelitian yaitu anak dari kelompok B yang terdiri dari 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penaarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membentuk kemandirian anak di TK Muslimat NU 12 Mambaul Ulum, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu peran orang tua sangat penting dalam menumbuhkan kemandirian pada anak usia dini. Peran orang tua sebagai pendidik, pendorong (memberi motivasi), fasilitator dan juga pembimbing. Peran orang tua akan mempengaruhi karakter anak, karena orang tua yang menjadi pendidik utama bagi anak. Keterlibatan orang tua dan guru dalam membentuk kemandirian anak akan berdampak yang besar untuk kedepannya. Orang tua yang selalu melatih kemandirian pada anak saat di rumah, dapat dilihat oleh sikap anak saat disekolah. Anak mampu untuk bersikap mandiri, percaya diri, disiplin dan juga bertanggung jawab. Upaya yang dilakukan orang tua yaitu melatih anak saat di rumah, membiasakan anak untuk melakukan kegiatan dengan mandiri, dan juga memotivasi anak agar mau berekplorasi dengan sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novana, Novanacantiknovana@gmail.comD79219030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Thesis advisorDjiwo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto----
Subjects: Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Peran orang tua; kemandirian anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Novana Novana
Date Deposited: 19 May 2023 03:04
Last Modified: 19 May 2023 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62430

Actions (login required)

View Item View Item