Implementasi life cycle assessment pada proses produksi tahu di industri kecil “ud.x” Desa Sumbersari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istighfar, Firdaus Dien (2023) Implementasi life cycle assessment pada proses produksi tahu di industri kecil “ud.x” Desa Sumbersari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firdaus Dien Istighfar_H05219007.pdf

Download (5MB)

Abstract

Industri Kecil Menengah (IKM) memiliki peran penting strategis dalam memperkuat dan meningkatkan kehidupan perekonomian masyarakat pada wilayah Kabupaten. Pada kegiatan industri tidak hanya memberikan dampak yang menguntungkan, kegiatan industri juga memberikan dampak yang merugikan yaitu limbah industri yang dihasilkan tak terkecuali industri tahu. “UD. X” adalah salah satu industri tahu kedelai yang didirikan pada tahun 1995 di Desa Sumbersari, Megaluh, Kabupaten jombang yang tergolong industri kecil. Pada saat ini pengolahan kedelai menjadi tahu pada “UD.X” rata-rata sebanyak 657 kg per hari. Bahan bakar pemasakan berasal dari kayu sisa industri mebel dan emisi yang dihasilkan langsung dibuang melalui cerobong asap. Tujuan dari penelitian ini adalahMengidentifikasi input dan output dari proses produksi tahu “UD. X” Desa Sumbersari, Megaluh, Jombang. menghitung dan menganalisis nilai dampak dengan metode Life Cycle Assessment (LCA) dari proses produksi tahu “UD. X” Desa Sumbersari, Megaluh, Jombang serta menganalisis alternatif bahan bakar pada proses produksi tahu “UD. X” Desa Sumbersari, Megaluh, Jombang ditinjau dari dampak yang dihasilkan. Analisis data dilakukan dengan metode Life Cycle Assessment (LCA) menggunakan software OpenLCA 1.11.0. Dampak yang dikaji ditinjau dari metode penilaian dampak TRACI 2.1. Pada proses produksi tahu “UD.X” Desa Sumbersarimenghasilkan semua dampak yang dikaji pada TRACI 2.1, beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya dampak tersebut yaitu penggunaan listrik, penggunaan kayu bakar, dan penggunaan asam asetat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istighfar, Firdaus Dienfirdausistighfar9@gmail.comH05219007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwaznaauvaria@gmail.com2028038601
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsby.ac.id2022108201
Subjects: Industri Kecil
Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Industri tahu; life cycle assessment (LCA); openLCA; TRACI 2.1
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Firdaus Dien Istighfar
Date Deposited: 19 May 2023 02:56
Last Modified: 23 May 2023 01:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62433

Actions (login required)

View Item View Item