Pemberdayaan kelompok PKK melalui pemanfaatan limbah duri ikan bandeng sebagai peningkatan ekonomi di Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausi, Fina (2023) Pemberdayaan kelompok PKK melalui pemanfaatan limbah duri ikan bandeng sebagai peningkatan ekonomi di Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fina Firdausi_B92218107.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai pemberdayaan masyarakat Desa Kalanganyar, terkait aset lokal berupa limbah duri bandeng yang diinovasi menjadi stik dan kerupuk. Pemberdayaan masyarakat melalui inovasi pengelolaan duri bandeng ini bertujuan dalam meningkatkan pendapatan dan kemandirian masyarakat, sehingga aset yang ada di desa dapat termanfaatkan. Penelitian ini berfokus pada yang pertama, yakni membentuk kelompok ibu-ibu yang kreatif. Kedua mendirikan rasa percaya kepada ibu-ibu dalam memanfaatkan aset. Ketiga, mengorganisir aset atau potensi sehingga dapat mengembangkan perekonomian masyarakat Desa Kalanganyar.Pendampingan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development ( ABCD ) yakni pendekatan melalui aset yang mereka miliki dengan lima tahapan yakni Discovery ( menemukenali aset), Dream ( menyusun impian), Design ( merancang aksi), Define ( memastikan aksi berjalan sesuai rencana), dan Destiny ( monitoring dan evaluasi). Pendampingan selama kurang lebih 4 bulan kepada masyarakat memberikan hasil, diantaranya : masyarakat lebih menyadari mengenai aset di sekelilingnya, masyarakat mampu mengelolah limbah duri bandeng menjadi produk yang bernilai ekonomis, dan skill yang dimiliki oleh masyarakat dapat berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausi, Finafinafirda14@gmail.comB92218107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.mustofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Pemberdayaan
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pengelolaan; duri bandeng; dan pengembangan ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fina Firdausi
Date Deposited: 19 May 2023 02:49
Last Modified: 19 May 2023 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62434

Actions (login required)

View Item View Item