Analisis tingkat kehilangan air nonfisik di Perumdam Kota Batu: studi kasus Kecamatan Batu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Ibrahim Rizky Surya (2023) Analisis tingkat kehilangan air nonfisik di Perumdam Kota Batu: studi kasus Kecamatan Batu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ibrahim Rizky Surya Pratama_H05217007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan air minum di Perumdam Among Tirto Kota Batu selaku perusahaan air minum yang melayani Kecamatan Batu, Junrejo, dan Bumiaji masih memiliki ketidakefisienan dalam proses produksi dan distribusi sehingga tingkat kehilangan air eksisting yaitu sebesar 42,6% dimana angka ini melebihi angka yang ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yaitu sebesar 20% untuk perusahaan air minum di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis nilai kehilangan air nonfisik atau komersial dengan melakukan uji akurasi meter air pelanggan serta menganalisis hasil uji akurasi dengan data air produksi dan air terjual dan dilanjut dengan merumuskan neraca air sistem produksi dan distribusi. Hasil analisis menunjukkan pada 80 sampel meter air yang telah diuji terdapat 21 meter air pelanggan yang tidak memenuhi standar operasional disebabkan meter air buram, tidak terbacanya angka pada meter air, angka meter yang melebihi 10 ribu m3 sehingga dibutuhkan penyesuaian angka meter, serta meter air yang rusak karena umur meter yang sudah melebihi batas pakai yaitu lima tahun. Perhitungan neraca air menunjukkan kehilangan air pada tahun 2022 yaitu sebesar 1.318.818 m3/tahun atau 39,45% dengan kerugian sebesar Rp 295.558.048,49 dari jumlah air terproduksi dan terjual pada periode bulan September, Oktober, dan November. Tingkat kehilangan air fisik dan nonfisik secara berurut yaitu sebesar 33,93% dan 5,52% dimana bobot kehilangan air fisik mendominasi tingkat kehilangan air. Perlu adanya penurunan nilai kehilangan air sebesar 19,45% untuk memenuhi standar nasional yaitu dengan cara mengukur meter air secara berkala, mengganti meter air yang rusak, dan memasang meter induk di setiap sumber serta pengendalian kehilangan air fisik secara menyeluruh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Ibrahim Rizky Suryaibrarsp101@gmail.comH05217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPribadi, Arqowiarqowi.pribadi@uinsby.ac.id2003018701
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.com2022038501
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Neraca air; kehilangan air nonfisik; tingkat kehilangan air
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ibrahim Rizky Surya Pratama
Date Deposited: 20 May 2023 02:26
Last Modified: 20 May 2023 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62435

Actions (login required)

View Item View Item