Penilaian kualitas layanan aplikasi e-sambat dengan pendekatan dimensi e-govqual: studi kasus dinas komunikasi dan informatika Kota Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Meitasari, Bella Tri (2023) Penilaian kualitas layanan aplikasi e-sambat dengan pendekatan dimensi e-govqual: studi kasus dinas komunikasi dan informatika Kota Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bella Tri Meitasari_H76218024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan publik yakni mediator pemerintah dalam memberikan layanan kebutuhan masyarakat. Perkembangan teknologi mempermudah aparatur negara dan daerah dalam memberikan pelayanan publik melalui sebuah aplikasi disebut e-government. Seperti halnya Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pasuruan telah mencoba menyelenggarakan aplikasi e-sambat. Penelitian ini bertujuan untuk memberi pemahaman terkait kualitas layanan e-sambat berdasarkan pendekatan dimensi e-govqual, gap antara kinerja e-sambat dengan harapan masyarakat untuk aplikasi e-sambat, serta mengetahui item mana saja yang akan dijadikan prioritas untuk segera diperbaiki pada aplikasi e-sambat. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang memanfaatkan instrumen penelitian berbentuk kuesioner serta buku. Metode untuk yang digunakan untuk menganalisis kelayakan aplikasi menggunakan gap dan metode important performance analysis digunakan untuk menganalisa item yang dijadikan prioritas pembenahan. Responden pada penelitian ini sebanyak 445 responden. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan, kualitas layanan aplikasi e-sambat sudah sangat layak dengan nilai persentase kelayakan sebesar 100%, gap kinerja aplikasi dan harapan masyarakat untuk variabel kemudahan penggunaan (ease of use) sebesar 0,08, variabel kepercayaan (trust) sebesar -0,04, variabel functionality of the interaction environment sebesar 0,02, variabel kehandalan (reliability) sebesar -0,03, variabel isi dan tampilan informasi (content and appearance of information) sebesar 0,01, dan variabel dukungan masyarakat (citizen support) sebesar 0,00. Rata-rata gap secara keseluruhan sebesar 0,01 yang berarti bahwa masyarakat puas terhadap layanan aplikasi e-sambat. Ada enam item yang dijadikan prioritas perbaikan yaitu tr 1 (keamanan data pribadi pengguna e-sambat), tr 6 (akses kontrol pengguna e-sambat), rlb 1 (kecepatan dalam mengunduh formulir e-sambat), cai 7 (penggunaan warna di aplikasi e-sambat), cai 8 (grafis pada aplikasi e-sambat), dan cs 5 (pertanyaan pengguna dijawab dengan cepat).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Meitasari, Bella Tribellatrimeitasari@gmail.comH76218024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMilad, Mohammad Khusnum.milad@uinsby.ac.id0729017902
Thesis advisorPermadi, Andhyandhy@uinsby.ac.id2014108103
Subjects: Kebijakan Publik
Tehnik Informatika
Teknologi
Keywords: Penilaian kualitas layanan; aplikasi E-Sambat; E-Government; dimensi E-GovQual
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Bella Tri Meitasari
Date Deposited: 20 May 2023 02:18
Last Modified: 20 May 2023 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62438

Actions (login required)

View Item View Item