Tinjauan viktimologi dan hukum pidana Islam terhadap perlindungan hukum pada anak korban tindak pidana pencabulan sesama jenis: studi kasus di unit perlindungan perempuan dan anak polres Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprilia, Dini Ardiana (2023) Tinjauan viktimologi dan hukum pidana Islam terhadap perlindungan hukum pada anak korban tindak pidana pencabulan sesama jenis: studi kasus di unit perlindungan perempuan dan anak polres Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dini Ardiana Aprilia_C93219075.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tinjauan Viktimologi dan Hukum Pidana Islam Terhadap Perlindungan Hukum Pada Anak Korban Tindak Pidana Pencabulan Sesama Jenis (Studi Kasus Di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Mojokerto)”. Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan bagaimana perlindungan hukum terhadap anak korban tindak pidana pencabulan sesama jenis dan bagaimana tinjauan viktimologi dan hukum pidana Islam terhadap upaya perlindungan hukum bagi korban pencabulan sesama jenis yang dilakukan oleh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) di Polres Mojokerto. Penulis menggunakan penelitian yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik analisis deduktif, yaitu dengan menarik kesimpulan dari pernyataan-pernyataan yang bersifat umum ke khusus, sehingga penyajian hasil penelitian dapat disampailan dengan mudah. Penelitian ini dilakukan di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Mojokerto.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya perlindungan yang diberikan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Mojokerto kepada korban pencabulan sesama jenis ini hanya berupa pendampingan dalam tahap penyidikan. Perlindungan yang diberikan oleh UPPA belum secara maksimal, karena korban sendiri mendapat perlindungan sepenuhnya dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). LPSK telah memberikan perlindungan secara maksimal mulai dari tahap pemulihan, pedampingan pada tahap penyidikan hingga persidangan, bantuan hukum, fasilitas yang diperlukan korban dalam proses persidangan, Pada proses peradilan dan administrasi kebutuhan korban telah difasilitasi dengan memberikan informasi tentang peran dan batasannya, serta perkembangan dari kasusnya. Korban diperbolehkan menyampaikan pendapatnya guna dipertimbangkan pada tahap yang sesuai dengan proses, tanpa mencurigai terdakwa dan tetap konsisten dengan sistem peradilan pidana yang relevan. Selama proses hukum berlangsung, korban diberikan bantuan sesuai dengan kebutuhannya. Melindungi privasi korban, meminimalisasi kesulitan dan menjamin keamanan korban serta keluarganya dari segala bentuk intimidasi. Perlindungan hukum terhadap anak dalam hukum pidana Islam sangat diperhatikan bahkan masih dalam kandungan. Islam juga mengajarkan untuk selalu berbuat adil terhadap anak, hal ini disampaikan dalam Al-Qur’an dan hadis. Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Mojokerto dapat melakukan sosialisasi atau pendekatan terhadap masyarakat. Terlebih kepada perempuan dan anak-anak yang rawan menjadi korban kejahatan. Memberikan pengertian kepada orang tua dan masyarakat dalam meminimalisir terjadinya tindak pidana. Perlindungan terhadap anak yang menjadi korban pencabulan sesama jenis juga membutuhkan dukungan dari orang tua. Pendekatan dari orang tua akan membuat anak lebih terbuka dengan apa yang terjadi pada dirinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprilia, Dini Ardianaardianadini4@gmail.comC93219075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsuri, Syamsurisyamhass@gmail.com2029107201
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Viktimologi; hukum pidana Islam; pencabulan anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Dini Ardiana Aprilia
Date Deposited: 20 May 2023 02:22
Last Modified: 20 May 2023 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62440

Actions (login required)

View Item View Item