Efektivitas teknik self control dengan jihadun-nafs untuk menurunkan perilaku merokok seorang remaja di Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahsunah, Mina Faizatul (2023) Efektivitas teknik self control dengan jihadun-nafs untuk menurunkan perilaku merokok seorang remaja di Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mina Faizatul Mahsunah_B93219128 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas teknik self control dengan jihadun-nafs untuk menurunkan perilaku merokok seorang remaja di Kabupaten Nganjuk. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis eksperimen dengan desain single subject research. Subjek dalam penelitian ini adalah subjek tunggal. Subjek AN memiliki kebiasaan merokok 5-8 batang perhari. Dampak perilaku tersebut subjek AN menjadi batuk, boros, berkurangnya nafsu makan karena rasa pahit, sesak di dada, dan kesulitan tidur di malam hari. Dari hal yang terjadi subjek AN menjadi kurang bersemangat dan kurang produktif menjalani kehidupan sehari-hari. Analisis yang digunakan adalah analisis visual grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik self control dengan jihadun-nafs terbukti efektif menurunkan perilaku merokok seorang remaja. Hal tersebut terbukti dari kecenderungan arah dan perubahan level data.Kecenderungan arah pada fase baseline-1 menurun, pada intervensi menurun dan pada baseline-2 meningkat. Begitu juga dengan perubahan level dari fase baseline-1 ke intervensi sebesar +2 yang berarti menunjukkan arah membaik dengan penurunan skor perilaku merokok sebesar 15-13. Teknik self control dengan jihadun-nafs mampu menurunkan tingkat perilaku merokok dari kategori tinggi turun menjadi sedang. Pada fase baseline-1 skor perilaku merokok sebesar 15-16. Pada fase intervensi skor perilaku merokok sebesar 9-13. Pada fase baseline-2 skor perilaku merokok sebesar 9-11.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahsunah, Mina Faizatulminafaizah89@gmail.comB93219128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Srisri.astutik@uinsby.ac.id2005025902
Subjects: Dakwah > Dakwah, Remaja
Doa dan Zikir
Perilaku
Keywords: Self control; jihadun-nafs; perilaku merokok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mina Faiza
Date Deposited: 21 May 2023 13:16
Last Modified: 21 May 2023 13:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62445

Actions (login required)

View Item View Item