Refleksi kepemimpinan berketuhanan Yang Maha Esa dalam demokrasi pancasila di Indonesia: analisis frasa hikmat dalam rumusan sila ke empat sebagai dasar Demokrasi Pancasila

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosi, Fahrur (2020) Refleksi kepemimpinan berketuhanan Yang Maha Esa dalam demokrasi pancasila di Indonesia: analisis frasa hikmat dalam rumusan sila ke empat sebagai dasar Demokrasi Pancasila. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahrur Rosi_F12218063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penilitian ini pada pokok bahasannya adalah membahas tentang frasa “hikmat yang terdapat dalam rumusan pancasila sila ke empat. Frasa hikmat memiliki arti yang tidak sama dengan kata kebijakan yang ada setelahnya maka dari itu perlu untuk kajiaan atau analisis yang lebih mendalam lagi untuk mendeskripsikan frasa hikmat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, metode pengumpulan datanya melalui study kepustakaan (library research) yang menggunakan pendekatan statue approach atau conceptual approach. Semua data yang dihimpun dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Demokrasi Pancasila merupakan demokrasi yang berdasarkan pada kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Dalam demokrasi pancasila tidak hanya terdapat pelaksanaan sistem pemerintahan yang berdasarkan kedaulatan rakyat akan tetapi masih ada integrasi dengan kedaualatan Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut merujuk pada penyebutan frasa hikmat dalam rumusan pancasila yang menurut sebagian besar para ahli merupakan sebuah pemahaman akan ke Esaan Tuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosi, Fahrurfarobirosi@gmail.comF12218063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHandoko, Priyo----
Thesis advisorFarida, Anisanisfarida@uinsby.ac.id0706087202
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Kepemimpinan berkeTuhanan Yang Maha Ea Analilis Frasa Hikmat Yang Terdapat Dalam Rumusan Pancasila Sila Ke-Empat; Pancasila
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Fahrur Rosi
Date Deposited: 22 May 2023 06:12
Last Modified: 22 May 2023 06:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62446

Actions (login required)

View Item View Item