Sikap Religiusitas Pengguna Jilbab Syar'i: studi kasus pada Majelis Ta’lim Bunda Muslimah Az-Zahra Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Awwabin, Nurul Izzah (2023) Sikap Religiusitas Pengguna Jilbab Syar'i: studi kasus pada Majelis Ta’lim Bunda Muslimah Az-Zahra Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Izzah Awwabin_E97219085_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji mengenai sikap religiusitas pada pengguna jilbab syar’i dengan studi kasus pada majelis ta’lim bunda muslimah az-zahra Sidoarjo. Kajian yang berfokus pada religiusitas bagi pemakai jilbab syar’i. Hal ini disebabkan perkembangan saat ini di sejumlah bidang, salah satunya fashion atau pakaian. Salah satu item yang aplikasinya berubah sesuai dengan budaya populer adalah hijab. Tren hijab telah memicu perdebatan di masyarakat tentang apakah mereka yang memakainya benar-benar mengikuti ajaran agama atau hanya mengikuti mode. Dalam penelitian ini dirumuskan problem akademik sebagai berikut : 1) Bagaimana perkembangan jilbab syar’i di majelis ta’lim bunda muslimah az-zahra Sidoarjo. 2) Bagaimana sikap religiusitas pada pengguna jilbab syar’i di majelis ta’lim bunda muslimah az-zahra Sidoarjo. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sikap religiusitas pada pengguna jilbab syar’i di majelis ta’lim bunda muslimah az-zahra Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, dalam perkembangan fashion jilbab syar’i di majelis ta’lim bunda muslimah az-zahra Sidoarjo menjalani beberapa fase transformasi dimulai dari sedikit yang menggunakan jilbab syar’i kemudian berkembang semakin banyak dan dipicu oleh motivasi dari para pengurus yang menggunakannya hingga puncaknya pada saat fashion jilbab syar’i populer dikalangan masyarakat pada saat itulah para jamaah mulai banyak yang menggunakan jilbab syar’i dengan percaya diri. Kedua, mengenai sikap religiusitas pada pengguna jilbab syar’i di majelis ta’lim bunda muslimah az-zahra Sidoarjo mengalami kenaikan. Hal ini dilihat dari perkembangan penggunaan jilbab syar’i pada para jamaah. Selain itu cerminan religiusitas tersebut terlihat pada keistiqomahan para jamaah dalam menghadiri dan menerapkan kegiatan yang diselenggarakan oleh majelis ta’lim bunda muslimah az-zahra Sidoarjo. Kegiatan majelis tersebut digunakan untuk meningkatkan religiusitas mereka. Yang kemudian hal tersebut akan tercermin dalam sikap keseharian mereka. Salah satunya dalam pola berpakaian khusus dalam penggunaan jilbab syar’i.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Awwabin, Nurul Izzahnurulizzaawwabin2001@gmail.comE97219085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Jilbab
Tasawuf
Wanita
Keywords: Religiusitas; jilbab syar’i; tawadhu; Majelis ta’lim bunda muslimah az-zahra Sidoarjo
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nurul Izzah Awwabin
Date Deposited: 24 May 2023 02:45
Last Modified: 24 May 2023 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62452

Actions (login required)

View Item View Item