Studi komparasi antara prestasi belajar siswa program tahfidzul al quran dengan siswa reguler kelas viii di Mts Nurul Huda Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijanarko, Fazrian Dhafi (2023) Studi komparasi antara prestasi belajar siswa program tahfidzul al quran dengan siswa reguler kelas viii di Mts Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fazrian Dhafi Wijanarko_D71218069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Prestasi belajar bertugas untuk menunjukkan kinerja siswa yang telah selesai mengarungi proses menimba ilmu pengetahuan. beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan prestasi belajar, baik yang datang dari dalam diri siswa maupun dari luar diri siswa itu sendiri. Apabila ditinjau dari faktor eksternal siswa terdapat satu faktor yang menjadi variabel penelitian ini yaitu program tahfidzul Al-Qur’an.Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa program tahfidzul Al-Qur’an kelas VIII MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa reguler kelasVIII MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo. (3) Untuk mengetahui komparasi prestasi belajar antara prestasi belajar siswa tahfidzul Al-Qur’an dengan siswa reguler kelas VIII MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo dengan sampel yang di ambil adalah 15 siswa yang mengikuti program tahfidzul Al-Qur’an dan 15 siswa reguler. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji T yaitu independent sample t-test. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni : (1) nilai rata-rata siswa tahfidzul Al-Qur’an sebesar 89,44. (2) rata-rata nilai siswa reguler sebesar 86,46. (3) ada persamaan dan perbedaan prestasi belajar siswa tahfidzul Al-Qur’an dengan siswa reguler kelas VIII di MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Hal ini dibuktikan bahwa signifikansi yang didapatkan dari tabel uji T sebesar 0,24 > 0,05, dikarenakan lebih besar dari 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak, maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada pretasi belajar siswa tahfidzul Al-Qur’an dengan siswa reguler kelas VIII di MTs Nurul Huda Sedati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijanarko, Fazrian Dhafifazrian2105@gmail.comD71218069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoch, Tolchahmochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorChanna AW, Lilieklilikchanna@gmail.com2018126701
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Komparasi; Prestasi belajar; Tahfidzul Al-Qur’an.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fazrian Dhafi Wijanarko
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:00
Last Modified: 25 Jul 2023 06:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62453

Actions (login required)

View Item View Item