Keruntuhan Masyumi dan dampaknya terhadap pergerakan Politik Golongan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibrahim, Tubagus Ali (2023) Keruntuhan Masyumi dan dampaknya terhadap pergerakan Politik Golongan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tubagus Ali Ibrahim_A92218130_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) Bagaiamana sejarah perkembangan Masyumi? (2) Apa penyebab Masyumi bubar? (3) Bagaimana dampak yang ditimbulkan pasca dibubarkannya partai Masyumi terhadap pergerakan politik golongan Islam yang sebelumnya tergabung dalam partai Masyumi? Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode sejarah (historis), yaitu suatu langkah merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, mengkritik, dan menafsirkan data dalam rangka menegakkan fakta serta kesimpulan yang kuat. Dalam teori penelitian ini menggunakan teori konflik yang dikemukakan oleh Ralp Dahrendoft. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode library research. Skripsi ini menyimpulkan bahwa Pertama, Masyumi merupakan partai politik yang dijadikan wadah bagi berbagai macam golongan islam, menolak segala bentuk perundingan yang berpotensi merugikan Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat. Senantiasa memperjuangkan Islam sebagai dasar negara. akan akan tetapi perjuangannya dalam konstituante menemui jalan buntu. Kedua, Masyumi makin terhimpit dengan Demokrasi terpimpin yang digagas Soekarno, ditambah PSII dan NU yang memisahkan diri, serta tuduhan atas keterlibatan PRRI hingga terbitnya keppres no.20 tahun 1960 yang mengultimatum Masyumi harus bubar. Ketiga, Jawaban Masyumi atas tuduhan keterlibatan dalam PRRI hingga pada akhirnya membubarkan diri dalam rangka menghindari label sebagai organisasi terlarang, . Perbandingan perolehan suara sebelum dan sesudah Masyumi bubar serta dampaknya terhadap golongan islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibrahim, Tubagus Alitubagusibrahim777@gmail.coma92218130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorImam, Ghazaliimamghazalisaid@gmail,com2012026001
Thesis advisorJuma, Jumaeden.jou@gmail.com--
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Keywords: Partai Masyumi; Konstituante; Soekarno; Pemberontakan PRRI
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: tubagus ali ibrahim
Date Deposited: 22 May 2023 02:57
Last Modified: 22 May 2023 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62459

Actions (login required)

View Item View Item