Penilaian status domain sumber daya ikan swanggi dengan pendekatan ekosistem di wilayah Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, Lamongan, Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

El Jundi, Nibras (2022) Penilaian status domain sumber daya ikan swanggi dengan pendekatan ekosistem di wilayah Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, Lamongan, Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
NIBRAS EL JUNDI_H04218009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelabuhan Perikanan Nusantara, Brondong di Lamongan merupakan salah satu pangkalan pendaratan ikan terbesar di Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi pengelolaan perikanan ikan swanggi (Priacanthus taneyus) berdasarkan indikator EAFM (Ecosystem Approach to Fisheries Management) pada domain sumber daya ikan serta potensi dan tingkat pemanfaatan ikan swanggi (Priacanthus taneyus) yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, Lamongan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif berupa deskripsi maupun kuantitatif yang berbentuk suatu perhitungan matematis. Analisis Maximum sustainable yield menggunakan model surplus produksi dari Schaefer. Penilaian status domain sumber daya ikan berdasarkan pendekatan ekosistem untuk pengelolaan perikanan ikan swanggi (Priacanthus tayenus) yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong termasuk dalam kategori sedang dengan nilai komposit yaitu sebesar 60. Berdasarkan model Schaefer, ikan swanggi (Priacanthus taneyus) dalam kondisi Fully exploited didapatkan nilai Fmsy sebesar 9.413 trip/tahun, nilai Cmsy sebesar 14.187 ton dan jumlah tangkapan yang diperbolehkan sebesar 11.350 ton/tahun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
El Jundi, Nibrasjundielnibras@gmail.comH04218009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Thesis advisorFahmi, Muhammad Yunanmyunanf@gmail.com-
Subjects: Ikan
Ilmu Kelautan
Keywords: Pendekatan ekosistem; ikan swanggi; ppn brondong
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Nibras El Jundi
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:06
Last Modified: 21 Sep 2023 08:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62468

Actions (login required)

View Item View Item