Peran orang tua dalam menyediakan lingkungan literasi rumah pada Anak Kelompok B di TK Unggulan An-Nur Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achmadah, Nur Hayati (2023) Peran orang tua dalam menyediakan lingkungan literasi rumah pada Anak Kelompok B di TK Unggulan An-Nur Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hayati Achmadah_D99219057_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menyediakan lingkungan literasi rumah terutama pada perkembangan bahasa anak usia dini. Perkembangan bahasa anak usia dini meliputi membaca dan menulis. Kurangnya kemampuan membaca dan menulis pada anak disebabkan oleh lingkungan literasi yang diadakan oleh keluarganya, sehingga peran orang tua perlu menyediakan lingkungan literasi rumah yang baik bagi anak.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1)mengetahui kondisi literasi anak kelompok B di TK Unggulan An-Nur Wonocolo Surabaya, (2) mengetahui peran orang tua dalam menyediakan lingkungan literasi rumah pada anak kelompok B di TK Unggulan An-Nur Wonocolo Surabaya, (3) mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat orang tua dalam menyediakan lingkungan literasi rumah pada anak kelompok B di TK Unggulan An-Nur Wonocolo Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul proses selanjutnya ialah analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi literasi anak kelompok B terkait membaca dan menulis abjad ini terbilang cukup baik dan perlu ditingkatkan agar menjadi lebih baik lagi. Peran orang tua dalam menyediakan lingkungan literasi rumah ialah dengan memberikan fasilitas yang baik dan lengkap. Jika orang tua memberi fasilitas yang baik dan lengkap maka kegiatan literasi dirumah akan berkembang dengan baik.Faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam menyediakan lingkungan literasi rumah dapat diketahui bahwa faktor pendukung dan penghambat pertama orang tua dalam menyediakan lingkungan literasi ialah memberikan fasilitas yang lengkap dan mood pada anak yang terkadang sering berubah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achmadah, Nur Hayatinurhayatiachmadah10@gmail.comD99219057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmualifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Orang tua dan Anak
Keywords: Peran Orang tua; Lingkungan Literasi Rumah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nur Hayati Achmadah
Date Deposited: 20 May 2023 06:30
Last Modified: 20 May 2023 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62469

Actions (login required)

View Item View Item