Efektivitas terapi Muhasabah dengan Teknik Self Management untuk menurunkan perilaku merokok pada Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adawiyah, Siska Robiatul (2023) Efektivitas terapi Muhasabah dengan Teknik Self Management untuk menurunkan perilaku merokok pada Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siska Robiatul Adawiyah_B93219147.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah perilaku merokok pada konseli. Yang tentunya ada beberapa komponen yang akan di teliti meliputi jumlah, durasi dan sesi waktu merokok konseli. Kemudian fokus selanjutnya adalah seperti apa pelaksanaan dan hasil dari terapi muhasabah dengan teknik self management untuk menurunkan perilaku merokok. Dan dari hasil penelitian tersebut akan terlihat efek yang signifikan dari pemberian intervensi yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu single subject research yang berfokus pada perubahan perilaku konseli. Berdasarkan dari hasil penelitian yang didapatkan melalui pengumpulan data, konseli memiliki perilaku merokok yang berkategori ringan ke sedang. Karena konseli dalam penelitian ini adalah perempuan, maka memerlukan adanya intervensi melalui terapi muhasabah dengan teknik self management. Penelitian dikatakan berhasil karena melalui analisis data yang menunjukkan bahwa adanya perubahan level yang signifikan dari baseline 1, intervensi, dan baseline 2 yaitu dengan penjabaran pada saat baseline 1 selisih 1 poin, pada saat intervensi 6 poin, dan untuk baseline 2 selisih 0 poin. Selain itu penurunan perilaku merokok dapat dilihat dari analisis antar kondisi dengan masing-masing kondisi menurun yang berarti membaik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa perilaku merokok yang dimiliki oleh konseli menurun melalui terapi muhasabah dengan teknik self management yang diberikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adawiyah, Siska Robiatulsiskarobiah02@gmail.comB93219147
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abdulabd.basyid@uinsby.ac.id20010960001
Subjects: Rokok
Terapi
Wanita
Keywords: Terapi Muhasabah; Self Management; Perilaku Merokok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Siska Robiatul Adawiyah
Date Deposited: 21 May 2023 14:42
Last Modified: 21 May 2023 14:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62470

Actions (login required)

View Item View Item