pengaruh model pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) terhadap motivasi belajar bahasa jawa peserta didik kelas V MI Ma’arif Pagerwojo Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugrohaji, Adheari Sya'ban (2023) pengaruh model pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) terhadap motivasi belajar bahasa jawa peserta didik kelas V MI Ma’arif Pagerwojo Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adheari Sya'ban Nugrohaji_D77219035_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Belajar pada hakekatnya adalah keterlibatan aktif siswa dalam memahami konsep konsep, memcahkan masalah dan menemukan segala sesuatu untuk dirinya. Model yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran harus mampu menumbuhkan kegiatan belajar bagi siswa. Salah satu model yang dapat menumbuhkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kolaboratif. Untuk mengetahui adanya pengarh model pembelajaran kolaboratif terhadap motivasi belajar siswa, maka dilakukan penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Pagerwojo Buduran Sidoarjo. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui motivasi belajar para pembelajar sesudah diterapkan model pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas V di MI Ma’arif Pagerwojo buduran, selain itu juga untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap motivasi belajar Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma’arif Pagerwojo Buduran Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V E dan V D MI Ma’arif Pagerwojo Buduran sidoarjo dengan jumlah populasi 70 siswa. Bentuk penelitiannya adalah kuantitatif, sedangkan metode pengumpulan data melalui angket, observasi dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah uji regresi . Hasil Penelitian menunjukkan terdapat motivasi belajar ditinjau dari kelas interval yang dimana kategori buruk sebesar 0%, kategori cukup 34%, kategori baik sebesar 38% dan baik sekali 28% dan terdapat pengaruh model pembelajaran kolaboratif adanya signifikansi pengaruh model kolaboratif terhadap motivasi belajar Bahasa Jawa peserta didik kelas V MI Ma’arif Pagerwojo Buduran Sidoarjo dengan nilai interpretasi cukup baik. Kata kunci: Model Pembelajaran kolaboratif (collaborative learninnng), Motivasi Belajar Bahasa Jawa, Bahasa Jawa, MI Ma’arif Pagerwojo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugrohaji, Adheari Sya'banadhearisyaban.n@gmail.comD77219035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Anak
Administrasi
Budaya Islam
Pendidikan
Keywords: Model Pembelajaran kolaboratif (collaborative learninnng); Motivasi Belajar Bahasa Jawa; Bahasa Jawa; MI Ma’arif Pagerwojo
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: adheari adhe
Date Deposited: 22 May 2023 02:03
Last Modified: 22 May 2023 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62479

Actions (login required)

View Item View Item