Analisis pengaruh Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO), dan inflasi terhadap profitabilitas Bank Muamalat Indonesia periode tahun 2014 – 2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Himmatul (2022) Analisis pengaruh Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO), dan inflasi terhadap profitabilitas Bank Muamalat Indonesia periode tahun 2014 – 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himmatul Firdaus_G94217169_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO), dan inflasi terhadap profitabilitas Bank Muamalat Indonesia periode tahun 2014 hingga 2022 kuartal pertama baik secara parsial maupun secara simultan. Periode penelitian ini dilakukan selama 8 (delapan) tahun, yaitu dimulai dari tahun 2014 hingga tahun 2022 kuartal pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan SPSS 20, Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yang diambil dari website resmi OJK dan Bank Indonesia. Jumlah data yang digunakan yaitu sebanyak 33 data, dengan jumlah variabel independent (X) sebanyak 3 variabel yaitu Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional, dan Inflasi. Dan variabel dependen (Y) yaitu profitabilitas (ROA). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa NPF tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank. Yang berarti tinggi atau rendahnya rasio NPF tidak akan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas Bank Muamalat Indonesia. Kemudian untuk variabel BOPO dan inflasi memiliki pengaruh dan signifikan terhadap profitabilitas Bank Muamalat Indonesia. yang berarti bertambah atau berkurangnya rasio BOPO dan Inflasi akan berpengaruh terhadap profitabilitas Bank Muamalat Indonesia. dan secara simultan, NPF, BOPO, dan Inflasi memiliki pengaruh terhadap profitabilitas Bank Muamalat Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Himmatulhimma814@gmail.comG94217169
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Bank dan Perbankan
Keywords: Bank Muamalat; ROA; NPF; BOP; Inflasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Himmatul Firdaus
Date Deposited: 20 May 2023 08:26
Last Modified: 20 May 2023 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62481

Actions (login required)

View Item View Item