Provocative victims pada tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadani, Wahidah Yumna (2023) Provocative victims pada tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahidah Yumna Ramadani_C93219112.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi pada penelitian yang berjudul “Provocative Victims Pada Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga” ini merumuskan dua masalah. Yang pertama, bagaimana provocative victims dapat menjelaskan peran korban dalam suatu kejahatan dan bagaimana peranan korban pada kasus tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian normatif yang menggunakan pendekatan dari sebuah bahan tertulis atau kepustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah conceptual approach atau pendekatan konsep berdasarkan provocative victims yang disampaikan oleh para ahli, case approach atau pendekatan kasus yang terdapat dalam tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga, dan statute approach atau pendekatan perundang-undangan. Teknik analisis bahan hukum yang digunakan menggunakan model kualitatif deduktif yaitu dengan menganalisis suatu data berdasarkan bahan kepustakaan ke dalam suatu fakta dalam penelitian (piramida terbalik). Dari penelitian ini adanya provocative victims dalam suatu kejahatan dapat terlihat dari sikap atau perilaku korban yang menyinggung atau membuat rugi pelaku sehingga pelaku memberikan respon dengan menuntut balas atas perbuatan atau sikap korban yang dinilai pelaku menyinggung atau merugikan dirinya. Provocative victims yang terjadi pada suatu tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga disebabkan oleh perbuatan korban yang menyinggung atau membuatnya rugi pelaku dan pelaku menilai perbuatan korban tidak sesuai dengan norma atau aturan yang ditetapkan. Sebagai contoh adalah korban yang berselingkuh atau korban yang tidak menghargai pelaku sebagai suaminya atau korban yang tidak menghargai pelaku sebagai orang tuanya. Saran yang bisa diberikan dengan adanya penelitian ini, dengan dibuktikan adanya peranan korban dalam suatu tindak pidana, maka dapat menjadi kontribusi dari pencegahan tindak pidana khususnya kekerasan dalam rumah tangga. Sehingga penulis dapat menyarankan agar penelitian ini tidak berhenti sampai di sini, melainkan dapat terealisasi khususnya dengan diadakannya edukasi kepada masyarakat dalam pencegahan suatu tindak pidana yang dapat dimulai dari diri kita sendiri, salah satunya dengan melakukan interaksi yang baik antar sesama anggota rumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadani, Wahidah Yumnayumna.wahidah12@gmail.comC93219112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarjiyati, Sriwarjiyatisri@gmail.com2026086802
Subjects: Keluarga
Kekerasan
Keywords: Kekerasan dalam rumah tangga; provocative victims; viktimologi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Wahidah Yumna Ramadani
Date Deposited: 20 May 2023 11:48
Last Modified: 20 May 2023 11:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62486

Actions (login required)

View Item View Item