Realisasi penggunaan alokasi dana Desa dalam pembangunan Desa Setrohadi Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhlullah, Indi (2023) Realisasi penggunaan alokasi dana Desa dalam pembangunan Desa Setrohadi Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indi Fadhlullah_G71218040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Realisasi Penggunaan Alokasi Dana Desa dalam Pembangunan Desa Setrohadi Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik” ini adalah hasil penelitian yang menjawab rumusan masalah tentang bagaimana perencanaan penggunaan Alokasi Dana Desa terhadap pembangunan Desa Setrohadi Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik dan bagaimana realisasi penggunaan Alokasi Dana Desa dalam pembangunan Desa Setrohadi Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data diperoleh dari Kantor Pemerintah Desa dan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu kepala desa, sekretaris desa, kepala urusan keuangan desa, tokoh masyarakat dan masyarakat desa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perencaaan penggunaan Alokasi Dana Desa sudah efektif karena sudah melaksanakan proses perencanaan dengan pedoman yang ada yakni melakukan kegiatan musrenbangdes guna menentukan program kerja atas adanya anggaran Alokasi Dana Desa. realisasi pembangunan dengan penggunaan Alokasi Dana Desa sudah terlaksana dengan baik dilihat dari program yang sudah terealisasikan yakni berupa pembangunan fisik dan pembangunan non fisik. Peneliti menyarankan kepada Pemerintah Desa Setrohadi supaya selalu melibatkan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan desa, karena dengan adanya keterlibatan masyarakat maka akan menciptakan pemerintah desa yang transparan. Serta selalu memperbaiki sistem kepemerintahan yang baik dan jujur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhlullah, Indiindifadhlullah04@gmail.comG71218040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansur, Ahmadamansur.uinsa@gmail.com2024097101
Subjects: Ekonomi
Masyarakat
Pembangunan > Pembangunan Desa
Keywords: Alokasi Dana Desa; Pembangunan Desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: indi fadhlullah
Date Deposited: 20 May 2023 15:11
Last Modified: 20 May 2023 15:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62491

Actions (login required)

View Item View Item