Nilai Virginitas bagi masyarakat pedesaan dalam perspektif Simone De Beauvoir : studi masyarakat Desa Kandangan, Kec. Trucuk, Kab. Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Durriyatun (2023) Nilai Virginitas bagi masyarakat pedesaan dalam perspektif Simone De Beauvoir : studi masyarakat Desa Kandangan, Kec. Trucuk, Kab. Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durriyatun Ni'mah_E91219073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini akan menjawab persoalan yaitu; pertama bagaimana pandangan masyarakat Desa Kandangan, Kec. Trucuk, Kab. Bojonegoro terhadap nilai virginitas, kedua bagaimana makna nilai virginitas dalam masyarakat Desa Kandangan, Kec. Trucuk, Kab. Bojonegoro menurut perspektif Simone De Beauvoir. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, metode ini menjadi jalan utama untuk penulis dalam melihat, observasi, wawancara, dokumentasi dan guna menyelidiki realita yang ada di lapangan, lalu data tersebut dituangkan secara deskriptif. Dari hasil penelitian ini memperoleh data bahwa: dalam menganalisis pandangan masyarakat terhadap nilai virginitas tersebut, menggunakan teori feminis eksistensialis, yang kemudian peneliti temukan jawaban dari tujuh responden. Dari berbagai pandangan masyarakat tersebut, baik dari segi substansial maupun fisik. Terdapat perbedaan pemahaman antara masyarakat tokoh agama dan masyarakat biasa, tokoh agama masih menilai sakral virginitas yang mana hal tersebut bertolak belakang dengan pendapat masyarakat biasa. Namun dari mereka lebih dominan memandang bahwa virginitas dinilai penting untuk perempuan, karena merupakan lambang kehormatan. Virginitas dipahami hanya untuk perempuan tidak begitu penting untuk laki-laki, karena tidak ada barometer fisik yang ada seperti apa yang perempuan punya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Durriyatundurriyatunnimah@gmail.comE91219073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@Gmail.com2123017602
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Nilai Virginitas; Feminis Eksistensialis; Masyarakat; Simone de Beauvoir.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Durriyatun Durriyatun Ni'mah
Date Deposited: 24 May 2023 02:13
Last Modified: 24 May 2023 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62495

Actions (login required)

View Item View Item