Pengaruh kompetensi pedagogik pendidik terhadap ketercapaian tugas perkembangan anak usia dini kelompok b di tk dharma wanita persatuan Lambangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafidzah, Aulia (2023) Pengaruh kompetensi pedagogik pendidik terhadap ketercapaian tugas perkembangan anak usia dini kelompok b di tk dharma wanita persatuan Lambangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Hafidzah_D99219039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam menyiapkan Indonesia menjadi negara maju dibutuhkan peningkatan mutu Pendidikan. Seorang pendidik adalah ujung tombak dalam Pendidikan, oleh karena itu pendidik harus memiliki kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Pada penelitian ini peneliti lebih memfokuskan pada kompetensi pedagogik karena kompetensi ini menitik beratkan interaksi seorang guru kepada peserta didik. Keberhasilan pendidik dalam memberikan pengajaran dapat diketahui dari tugas perkembangan yang telah tercapai oleh peserta didik. Di TK Dharma Wanita Persatuan Lambangan Sidoarjo proses pembelajaran dalam mengetahui capaian perkembangan sangat bagus diterapkan kepada anak usia dini yaitu melalui kurikulum Profil Pelajar Pancasila dan data penilaian peserta didik yang sangat menunjang penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik pendidik terhadap ketercapaian tugas perkembangan anak usia dini kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Lambangan Sidoarjo. Metode yang digunakan pada penelitian menggunakan metode ex post facto. Penelitian ex post facto adalah suatu penelitian hubungan sebab-akibat dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian melihat ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Subjek penelitian berjumlah 19 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan metode angket dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Dan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dalam analisa data dengan bantuan SPSS versi 29.0 for windows. Hasil pada penelitian ini disimpulkan nilai signifikansi yaitu bernilai 0,309 lebih besar dari 0,05 menunjukan bahwa kompetensi pedagogik pendidik tidak berpengaruh terhadap tugas perkembangan anak usia dini. Dibuktikan pula dengan mengetahui apakah hubungan itu signifikan atau tidak maka t hitung dibandingkan dengan t tabel. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai t hitung (1,049) < nilai t tabel (2,110), maka dapat dinyatakan bahwa uji hipotesis H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian, tidak adanya pengaruh yang signifikan antara Kompetensi Pedagogik Pendidik Terhadap Tugas Perkembangan Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Persatuan Lambangan Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafidzah, Aulialilafidzah220201@gmail.comD99219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Kompetensi pedagogik pendidik; perkembangan; tugas perkembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Aulia Hafidzah
Date Deposited: 22 May 2023 07:35
Last Modified: 22 May 2023 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62510

Actions (login required)

View Item View Item