Hubungan antara kecerdasan emosional dengan religiusitas santri remaja putri Pondok Pesantren Mahadut Tholabah Kebondalem Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Siswati, Anik (2022) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan religiusitas santri remaja putri Pondok Pesantren Mahadut Tholabah Kebondalem Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anik Siswati_D91216092 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemajuan zaman memberikan dampak di berbagai aspek dalam diri manusia. Salah satunya pada kualitas religiusitas yang berbeda.antara satu orang dengan yang lainnya, termasuk santri pondok pesantren. Sebagai lembaga pendidikan Islam, pondok pesantren sangat berperan dalam meningkatkan religiusitas santri. Namun, dalam proses peningkatan tersebut, pada realitanya melibatkan kecerdasan emosional di setiap dimensi religiusitas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kecerdasan emosional santri remaja putri Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Kebondalem Kediri, 2) Religiusitas santri remaja putri Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Kebondalem Kediri, dan 3) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan religiusitas santri remaja putri Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Kebondalem Kediri. Jenis penelitian.ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan angket. Data yang dicari diupayakan sevalid mungkin agar dapat dianalisis tingkat keterkaitan pada dua variabel menggunakan uji korelasi pearson dengan bantuan IBM SPSS Statistic version 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase kecerdasan emosional santri kategori sedang sebesar 74%, dan kecerdasan emosional santri yang dikategorikan tinggi sebanyak 26%. Begitupun prosentase santri yang memiliki religiusitas sedang sebesar 26%, dan santri yang memiliki religiusitas tinggi berjumlah 74%. Kemudian dari uji korelasi diperoleh r hitung lebih besar dari r table (0,561 > 0,227). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional memiliki hubungan dengan religiusitas pada santri remaja putri di Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Kebondalem Kediri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Siswati, Anikaniksiswati98@gmail.comD91216092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, AliUNSPECIFIED196301231993031002
Thesis advisorFuad, Ah. ZakkiUNSPECIFIED197404242000031001
Subjects: Akhlak
Pendidikan Islam
Remaja
Keywords: Hubungan; kecerdasan emosional; religiusitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anik Siswati
Date Deposited: 22 May 2023 04:44
Last Modified: 22 May 2023 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62513

Actions (login required)

View Item View Item