Efektivitas penyaluran dana zakat terhadap program rumah singgah pasien di laz dompet dhuafa Jawa Timur Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baidlowi, M. Hafiar (2022) Efektivitas penyaluran dana zakat terhadap program rumah singgah pasien di laz dompet dhuafa Jawa Timur Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Hafiar Baidlowi_G05217016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Efektivitas Penyaluran Dana Zakat terhadap Program Rumah Singgah Pasien di LAZ Dompet Dhuafa Jawa Timur (Kota Surabaya)” memiliki tujuan penelitian untuk menjelaskan efektivitas penyaluran dana zakat terhadap program rumah singgah pasien di LAZ Dompet Dhuafa Jawa Timur dan untuk menjelaskan faktor penghambat dan faktor pendukung pengelolaan dana zakat terhadap program rumah singgah pasien di LAZ Dompet Dhuafa Jawa Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Adapun metode deskriptif dipakai untuk menggambarkan dan memaparkan efektivitas penyaluran dana zakat terhadap program rumah singgah pasien di LAZ Dompet Dhuafa. Kemudian peneliti melakukan analisis memakai teori efektivitas dan mengkajinya sesuai dengan kejadian yang ada di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program rumah singgah pasien di Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Jawa Timur belum maksimal. Terdapat satu tahapan yang belum direalisasikan yaitu perubahan yang nyata. Berkaitan dengan pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu dan tercapainya tujuan sudah terealisasikan dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan efektivitas program rumah singgah pasien. Perubahan nyata dari sebelum dan sesudah dijalankan program rumah singgah setidaknya dapat merealisasikan pembentukan toko obat sebagai jalan untuk memudahkan mustahik dalam pembelian obat. Faktor penghambat dalam program Rumah Singgah Pasien di LAZ Dompet Dhuafa Jawa Timur ialah terjadinya pasien yang membludak dan mengakibatkan ruangan terisi semua, hingga menolak pasien lain. Penghambat lainnya adalah sumber daya manusia kurang. Sedangkan Faktor pendukung dalam program Rumah Singgah Pasien di LAZ Dompet Dhuafa Jawa Timur ialah SOP berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, tujuan yang ditentukan sudah dicapai dan banyak masyarakat yang tahu tentang rumah singgah. Berdasarkan kesimpulan yang ada saran bagi Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Jawa Timur ialah perlu adanya sebuah pengembangan program dalam bentuk perubahan yang nyata serta adanya penambahan sumber daya manusia yang mengatur tentang operasional program rumah singgah pasien. Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan perlu adanya penambahan indikator baru yang dijadikan pisau analisis

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baidlowi, M. Hafiarhafwie@gmail.comG05217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsegaf, M. Maulanam.maulana@uinsby.ac.id2104098701
Subjects: Manajemen
Zakat
Keywords: Efektivitas; penyaluran dana zakat; rumah singgah pasien
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Baidlowi M. Hafiar
Date Deposited: 24 May 2023 02:31
Last Modified: 24 May 2023 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62540

Actions (login required)

View Item View Item