Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui kegiatan asesmen kompetensi minimum (AKM) di MTsN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Nur Fadila (2023) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui kegiatan asesmen kompetensi minimum (AKM) di MTsN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fadila Aini_D03219025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan guru sebagai pendidik membutuhkan suatu kemampuan profesional yang dapat mendukung terhadap pencapaian tujuan suatu pendidikan. Profesional guru dapat dibentuk dan ditingkatkan melalui kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kebutuhannya. Peningkatan tersebut diharapkan mampu menunjang guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik yang profesional. Strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah sangat berperan penting dalam meningkatkan profesionalisme seorang guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 1 Sidoarjo, (2) Pelaksanaan asesmen kompetensi minimum di MTsN 1 Sidoarjo, (3) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui kegiatan asesmen kompetensi minimum di MTsN 1 Sidoarjo. Dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu Kepala madrasah, Waka kesiswaan, dan guru. Peneliti menggunakan analisis dan interpretasi serta menggunakan triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru diantaranya: memberlakukan absensi setiap datang dan pulang mengajar, mendelegasikan guru mengikuti MGMP, dan mengadakan sosialisasi supervisi pembelajaran. Hasil penelitian selanjutnya terkait pelaksanaan AKM di MTsN 1 Sidoarjo diantaranya: melakukan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kemudian hasil penelitian terkait strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui kegiatan asesmen kompetensi minimum diantaranya: Membentuk panitia khusus kegiatan asesmen kompetensi minimum, Mengadakan workshop, Mendelegasikan guru mengikuti pelatihan di luar madrasah, dan Melakukan koordinasi dengan panitia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Nur Fadilanuraini030501@gmail.comD03219025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Strategi kepala madrasah; profesionalisme guru; asesmen kompetensi minimum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Fadila Aini
Date Deposited: 24 May 2023 02:40
Last Modified: 24 May 2023 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62543

Actions (login required)

View Item View Item