Makna ahsan taqwim dalam Alquran: studi komparatif Tafsir Al Tawilat Al Najmiyyah dan Tafsir Ibnu Arabi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prayogo, Pandu (2023) Makna ahsan taqwim dalam Alquran: studi komparatif Tafsir Al Tawilat Al Najmiyyah dan Tafsir Ibnu Arabi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pandu Prayogo_E03219030 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ahsan taqwim merupakan salah satu term yang ada di dalam Alquran. Untuk mengetahui lebih dalam makna tersebut peneliti mengkaji berdasarkan perspektif mufasir dan ulama lainnya yang terkandung dalam surah Al-Tin [95]: 4. Konklusi mengenai ahsan taqwim bahwa sebaik-baikmya ciptaan. Penelitian ini bertujuan menjawab dua permasalahan: (1) Bagaimana penafsiran makna ahsan taqwim dalam Tafsir Al Ta’wilat Al Najmiyyah dan Tafsir Ibnu ‘Arabi? (2) Bagaimana persamaan dan perbedaan Tafsir Al Ta’wilat Al Najmiyyah dan Tafsir Ibnu ‘Arabi mengenai makna ahsan taqwim dalam Alquran? Adapun penelitian ini menggunakan literatur kepustakaan dengan metode penelitian kualitatif dengan meneliti dan mencari sumber data yang membahas mengenai ahsan taqwim dalam Alquran, dengan pendekatan deskriptif-analitis dan teknik analisis (content). Melalui metode komparasi penelitian ini mengungkapkan perbedaan dan persamaan penafsiran Najmuddin al-Kubra dan Ibnu Arabi. Adapun persamaan kedua mufassir tersebut dalam hal mencontohkan manusia yang diciptakan dengan sebaik-baiknya atau ahsan taqwim ialah Nabi Muhammad SAW. Adapun perbedaan mengenai penafsiran ahsan taqwim dari kedua mufassir ialah As-Samnani memaknainya sebagai lathifah atau potensi tersembunyi yang diberikan oleh Allah terhadap manusia tanpa terkecuali. Sementara Ibnu Arabi, memaknai ahsan taqwim dengan hati yang terjaga dalam kebenaran Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prayogo, Pandupandupray15@gmail.comE03219030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Moh.myardho@gmail.com2110068501
Subjects: Al Qur'an
Tasawuf
Tafsir
Keywords: Ahsan taqwim; Najmuddin al Kubra; Ibnu Arabi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Pandu Prayogo
Date Deposited: 22 May 2023 08:26
Last Modified: 22 May 2023 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62546

Actions (login required)

View Item View Item