Teknik self management untuk mengurangi emosi negatif pada lansia di Kedunggede Dlanggu Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shobakh, Anis Fitria Lailu (2023) Teknik self management untuk mengurangi emosi negatif pada lansia di Kedunggede Dlanggu Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Fitria Lailu Shobakh_B03219008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian kali ini adalah untuk mengetahui (1) proses munculnya problem emosi negatif ; (2) Proses pelaksanaan teknik self management untuk mengurangi emosi negatif pada lansia di Kedunggede Dlanggu Mojokerto ; (3) dampak pelaksanaan teknik self management untuk mengurangi emosi negatif pada lansia di Kedunggede Dlanggu Mojokerto. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif kasus seorang lansia yang tidak dapat mengurangi emosi negatif di Desa Kedunggede Dlanggu Mojokerto. Analisis penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan ialah deskriptif komparatif, yaitu membandingkan keadaan sebelum proses konseling dan sesudahnya. Penelitian ini menggunakan teknik self management. Proses pelaksanaan konseling dilakukan dengan tahapan identifikasi masalah, prognosis, diagnosis, treatment, dan evaluasi. Treatment dilakukan dengan teknik self management untuk mengurangi emosi negatif. Hasil akhir penelitian ini dapat dikatakan cukup berhasil karena dapat memenuhi indikator. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan perilaku konseli terhadap mengontrol diri dalam mengurangi emosi negatif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shobakh, Anis Fitria Lailufitriaa307@gmail.comB03219008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Bimbingan Konseling
Dakwah > Dakwah - Manajemen
Masalah sosial
Keywords: Self management; emosi negatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anis Fitria Lailu Shobakh
Date Deposited: 24 May 2023 01:41
Last Modified: 24 May 2023 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62549

Actions (login required)

View Item View Item