Peran remaja masjid Nurul Yaqin sebagai pengemban dakwah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sauqi, Masdarus (2022) Peran remaja masjid Nurul Yaqin sebagai pengemban dakwah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masdarus Sauqi_B94218097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan karakteristik remaja masjid Nurul Yaqin sebagai pengemban dakwah. 2) mendeskripsikan program kerja remaja masjid Nurul Yaqin sebagai pengemban dakwah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk mendapatkan pemahaman otentik tentang pengalaman yang dirasakan oleh orang-orang yang berangkutan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian descriptive, yaitu menganalisa dan menyajikan fakta secara sistematiksehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan diuraikan.Hasil penelitian ini yaitu: 1) karakteristik remaja masjid Nurul Yaqin sebagai pengemban dakwahKarakteristik Remaja Masjid Nurul Yaqin sebagai Pengemban Dakwahantara lain: memiliki semangat yang tinggi, sungguh-sungguh dalam menjalan setiap program dan tugasnya, selalu mau belajar, memperbaiki diri setiap ada kesalahan, sabar, rajin, serius dan sungguh-sungguh dalam setiap kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan, rajin berjamaah di masjid, memiliki kemauan mau belajar yang tinggi. Selain itu karakteristik juga bisa dilihat dari peran remaja masjid Nurul Yaqin sebagai berikut: Pertama, memakmurkan masjid. Kedua, pembinaan remaja muslim. Ketiga, kaderisasi umat.Keempat, pendukung kegiatan takmir masjid.Kelima, pelopor kegiatan-kegiatan religi.Keenam, sebagai kaderisasi remaja muslim. Ketujuh, mendukung kegiatan takmir. Kedelapan, dakwah dan sosial.2) program kerja remaja masjid Nurul Yaqin sebagai pengemban dakwahantara lain: melakukan kegiatan sosial dan dakwah, kajian untuk memperdalam wawasan keislaman para remaja, memakmurkan masjid dengan sholat berjamaah di masjid, melakukan kegiatan santunan anak yatim dan fakir miskin, memakmurkan masjid dengan selalu berjamaah di masjid, sholawatan atau banjariansetiap malam jumat, melakukan bimbingan membaca tilawati atau Al-Quran dengan baik dan benar,bersih-bersih lingkungna sekitar masjid, menyiapkan jadwal khotib dan bilal, melakukan penggalangan dana, melakukan kerja bakti di lingkungan masjid dan sekitar masjid, melakukan peringatan maulid nabi Muhammad SAW, peringatan isra’mi’raj nabi, kesenian banjari, pengajian umum, pelatihan mengurus jenazah dari mulai memandikan, mensholatkan sampai menguburkan mayit, pengumpulan zakat dan menyalurkannya. Sesuai teori juga dijelaskan program kerja remaja masjid Nurul Yaqin, yaitu: Pertama, kegiatan ibadah khusus. Kedua, Kegiatan pelatihan kader remaja masjid Nurul.Ketiga, kegiatan sosial yang dilakukan remaja masjid Nurul Yaqin. Keempat, Kegiatan kesenian. Kelima, Kegiatan syi’ar dan dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sauqi, Masdarusmasdarussauqi@gmail.comB94218097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601
Subjects: Dakwah > Dakwah, Remaja
Dakwah > Dakwah, Strategi
Masjid
Keywords: Remaja masjid; peran remaja masjid; pengemban dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Masdarus Sauqi
Date Deposited: 24 May 2023 06:49
Last Modified: 24 May 2023 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62550

Actions (login required)

View Item View Item