Pengorganisasian petani dalam melawan belenggu pertanian kimiawi melalui sekolah lapang pertanian terpadu di dusun Kranding desa Kranding kecamatan Mojo kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, M. Shodiqul (2023) Pengorganisasian petani dalam melawan belenggu pertanian kimiawi melalui sekolah lapang pertanian terpadu di dusun Kranding desa Kranding kecamatan Mojo kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Shodiqul Anwar_ B92219103.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah kondisi keterbelengguan petani oleh pertanian kimiawi di Dusun Kranding Desa Kranding Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri?, 2) Bagaimanakah strategi yang efektif untuk mengorganisir petani dalam melawan belenggu pertanian kimiawi, 3) Bagaimanakah hasil capaian dari program pengorganisasian. Peneliti menjelaskan persoalan tersebut menggunakan metodologi Participatory Action Research (PAR). Kondisi keterbelengguan petani terjadi akibat dari perubahan pola pikir petani sendiri yang tidak mau terbelenggu dengan sistem pertanian tradisional. Petani banyak yang tergiur dan mengaku dengan menggunakan bahan kimia hasil panen lebih cepat dan lebih melimpah. Strategi efektif yang dilakukan peneliti untuk mengorganisir petani yaitu menciptakan pertanian yang ramah lingkungan melalui sekolah lapang pertanian terpadu. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan proses pengorganisasian masyarakat yaitu 1) Petani memiliki pengetahuan dan mampu memahami pola pertanian yang ramah lingkungan. 2) Terstrukturnya kembali kelompok tani yang menjadi forum belajar bagi masyarakat. 3) Terbentuknya kebijakan yang dibuat oleh pemerintah desa yang mendukung tentang pengelolaan pertanian yang sehat dan ramah lingkungan. 4) Tersedianya sarana dan prasarana pupuk alternatif untuk menunjang pertanian yang ramah lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, M. Shodiqulshodiqulanwar60@gmail.comB92219103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Pengabdian Masyarakat
Pertanian
Keywords: Pertanian; pertanian kimiawi; belenggu; hegemoni; pertanian terpadu
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: M. Shodiqul Anwar
Date Deposited: 23 May 2023 07:59
Last Modified: 23 May 2023 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62551

Actions (login required)

View Item View Item