Penerapan terapi realitas dengan teknik muhasabah dalam mengatasi Post-Traumatic Stress Disorder pada seorang remaja korban perkosaan di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriyanti, Rofida (2023) Penerapan terapi realitas dengan teknik muhasabah dalam mengatasi Post-Traumatic Stress Disorder pada seorang remaja korban perkosaan di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rofida Febriyanti_B93219144.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini mendeskripsikan tentang bagaimana proses dan hasil dari Terapi Realitas dengan Teknik Muhasabah dalam mengatasi PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder) pada korban pemerkosaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, dan menganalisis dengan Teknik analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil proses pelaksanaan konseling dan keadaan konseli sebelum dan sesudah melakukan proses terapi. Data diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara, dan dokumentasi. Salah satu metode pemeliharaan kesehatan mental menurut islam adalah dengan menggunakan metode Psikoterapi Sufistik yang didalamnya terdapat berbagai macam terapi dan salah satunya adalah terapi muhasabah. Dengan proses penelaahan diri kita atas segala tindakan yang sudah kita perbuat dari masa awal kita mengingat sampai pada saat kondisi sekarang mulai dari pikiran atau perbuatan yang mencerminkan kualitas diri kita dihadapan Allah. Dalam penelitian ini terdapat perubahan pada diri konseli, terlihat Ketika konseli sudah merasa lebih baik dari sebelumnya dan merasa bahwa konseli perlahan telah bisa mengontrol stress pasca trauma yang dialami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriyanti, RofidaB93219144@student.uinsby.ac.idB93219144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@g.mail.com2021117301
Subjects: Bimbingan Konseling
Depresi
Remaja
Keywords: Terapi realitas; teknik muhasabah; post-traumatic st0ress disorder; korban perkosaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rofida Febriyanti
Date Deposited: 24 May 2023 02:26
Last Modified: 24 May 2023 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62558

Actions (login required)

View Item View Item