Komunikasi politik dalam penerapan kampung tangguh semeru di Desa Kertosari Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kahfi, Nur Askhabul (2023) Komunikasi politik dalam penerapan kampung tangguh semeru di Desa Kertosari Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Askhabul Kahfi_I01218030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kampung Tangguh Semeru adalah program yang di inisiasi oleh Polisi Daerah (POLDA) Jawa Timur yang kemudian di adaptasi di tiap-tiap daerah untuk mengurangi penyebaran Pandemi COVID-19 di Wilayah Jawa Timur. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan judul “Komunikasi Politik dalam Penerapan Kampung Tangguh Semeru di Desa Kertosari Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto”. Skripsi ini ditulis untuk menjawab rumusan masalah yang akan dikaji yaitu bagaimana komunikasi politik dalam penerapan kampung tangguh semeru di Desa Kertosari Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Data penelitian ini dihimpun dengan menggunakan teknik wawancara kepada perangkat Desa Kertosari dan beberapa masyarakat Desa Kertosari. Selain itu juga memakai teknik dokumentasi untuk mendapatkan sumber dokumen yang berhubungan dengan penelitian. Teknik analisis menggunakan teknik kualitatif yang kemudian disusun secara sistematis, sehingga menjadi data yang konkrit mengenai komunikasi politik dalam penerapan kampung tangguh semeru di Desa Kertosari Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Selanjutnya data tersebut diolah dengan memakai dua tahap yaitu editing dan pemilihan data yang relevan dengan penelitian dan kemudian dilanjutkan dengan organizing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi politik dari pemerintah Desa Kertosari dalam menerapkan kampung tangguh semeru sudah cukup efektif untuk menanggulangi COVID-19 karena masyarakat patuh terhadap arahan dari Kepala Desa. Masyarakat juga memiliki antusias tinggi untuk bekerjasama melawan penyebaran virus corona yang berada dalam desanya sendiri. Berdasarkan hasil analisis penulis komunikasi politik pemerintah Desa Kertosari dalam menerapkan kampung tangguh semeru sudah cukup efektif. Hal ini ditandai dengan tingginya antusias masyarakat dalam menjalankan kampung tangguh semeru dan berjalannya program kampung tangguh semeru dengan baik. Meskipun masih terdapat masyarakat yang meremehkan program tersebut namun pemerintah Desa Kertosari berusaha membuat berbagai macam strategi untuk memaksimalkan program kampung tangguh semeru tersebut. Sejalan dengan kesimpulan di atas, saran yang diberikan oleh penulis adalah seharusnya Pemerintah Daerah memberikan bantuan dari segi finansialnya bukan hanya dari segi SDM saja. Karena suatu program pastinya membutuhkan materi untuk bisa dijalankan secara tepat dan cepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kahfi, Nur Askhabulnuraskhabulkahfi16@gmail.comI01218030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Hubungan Masyarakat
Komunikasi
Politik
Keywords: Komunikasi politik; kampung tangguh semeru
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Nur Askhabul Kahfi
Date Deposited: 30 May 2023 08:13
Last Modified: 30 May 2023 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62564

Actions (login required)

View Item View Item