Peran karang taruna dan pemberdayaan kewirausahaan pedagang kaki lima di Desa Tarik Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Nur Indah (2023) Peran karang taruna dan pemberdayaan kewirausahaan pedagang kaki lima di Desa Tarik Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Indah Maulidiyah_I03219028 baru_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Peran Karang Taruna dalam mengembangkan kewirausahaan Pedagang Kaki Lima di Desa Tarik Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Dengan rumusan masalah yang diperoleh yaitu apa peran Karang Taruna dalam pemberdayaan kewirausahaan Pedagang Kaki Lima di Desa Tarik dan bagaimana pemberdayaan kewirausahaan Pedagang Kaki Lima tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah supaya peneliti mengetahui secara detail dan luas bagaimana Karang Taruna memberdayaakan kewirausahaan Pedagng Kaki Lima di Desa Tarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Teori aksi sosial yang dikembangkan oleh Talcott Parsons adalah yang digunakan saat menganalisis masalah sosial tersebut. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa (1) Peran Karang Taruna sebagai penggerak, pelopor, dan motivator bagi anggotannya, Pelaksanaan program Pelatihan dan Pengkaderan untuk program yang akan dijalankan. Pengelolaan sponsorship para pengurus dan anggota Karang Taruna melakukan upaya pemberdayaan tersebut khususnya dalam bidang kewirausahaan Pedagang Kaki Lima adalah sebuah konsep pengabdian kepada masyarakat; (2) Dukungan masyarakat terhadap anggota Karang Taruna pun diperlukan untuk membangun Desa yang lebih nyaman dan kreatif seiiring perkembangan zaman, terutama menyelesaikan beberapa konflik yang dialami para Pedagang Kaki Lima, mengetahui seberapa pengaruh Karang Taruna terhadap perkembangan kewirausahaan Pedagang Kaki Lima serta melakukan penertiban alokasi Pedagang Kaki Lima; (3) Menjelaskan analisis Peran Karang Taruna dan Pemberdayaan kewirausahaan Pedagang Kaki Lima dalam tinjauan teori aksi yang dikembangkan oleh Talcott Parsons.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Nur Indahnurindahmaulidiyah1209@gmail.comI03219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Etos Kerja
Keywords: Karang Taruna; Pedagang Kaki Lima; Kewirausahaan; Pemberdayaan.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nur Indah Maulidiyah
Date Deposited: 25 May 2023 05:38
Last Modified: 25 May 2023 05:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62565

Actions (login required)

View Item View Item