Islamisasi Masyarakat Suku Tengger Dusun Gedok Desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang 1990-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Iswatul (2023) Islamisasi Masyarakat Suku Tengger Dusun Gedok Desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang 1990-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iswatul Hidayah_A92217113 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk membahas proses Islamisasi Masyarakat Suku Tengger Dusun Gedok Desa Argosari kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang 1990-2022. Penelitian ini memfokuskan pada tiga pokok permasalahan yang memfokuskan pada yang pertama asal-usul Suku Tengger. Yang kedua bagaimana proses Islamisasi yang terjadi di Suku Tengger Dusun Gedok. yang ketiga bagaimana Proses kemajuan islam di Dusun Gedok dari tahun 1990-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan Sosial Historis. Penelitian ini juga menggunakan teori Social Action yang dijabarkan menjadi AGIL untuk membantu proses dakwah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Suku Tengger, teori ini dikemukakan oleh Talcot Parson yang mana untuk mengkaji secara makro tentang tindakan sosial suatu masyarakat untuk mencapai suatu tujuan bersama yaitu kemajuan islam di Dusun Gedok yang kemudian pada teori ini dibagi menjadi empat sisi penting yang pertama adaptasi, goal, attinment, integrasi dan latensi cara untuk merawat relasi tersebut. Adapun metode penelitian ini menggunakan adalah metode penelitian sejarah yang meliputi tahapan Heuristik, kritik sumber, interpretasi dan juga historiografi. Adapun poin penting dalam penelitian ini membahas sejarah asal-usul Suku Tengger yang tidak terlepas dari tradisi dan ajaran-ajarannya yang sangat beragam yang mana sangat dijaga dan dilestarikan oleh Masyarakat Suku tengger. Islam di Dusun gedok mulanya sudah ada jauh sebelum tahun 1990, namun Agama Islam mengalami pasang surut hal itu dikarenakan kurangnya pemahaman tentang ajaran agama Islam bagi umat Islam di Dusun Gedok. kuatnya tradisi dan ajaran yang nenek moyang Suku Tengger yang sangat dijaga dan dilestarikan oleh Masyarakat Suku Tengger yang memang bertentangan dengan ajaran Agama Islam bukan menjadi penghalang untuk perkembangan Islam di Dusun Gedok. kemudian semenjak kedatangan para pendakwah ke Dusun Gedok untuk mengajarkan Agama Islam dan diterima ditengah-tengah masyarakat menjadikan Islam di Dusun Gedok mengalami kemajuan yang sangat signifikan dengan tanpa paksaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, IswatulIswatul.hidayah19@gmail.comA92217113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com2006086802
Thesis advisorFuad, Ahmad Nurahmadnurfuad@yahoo.com2011116401
Subjects: Dakwah > Dakwah - Islam
Keywords: Suku Tengger; Islamisasi; dakwah Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Iswatul Hidayah
Date Deposited: 19 May 2023 06:15
Last Modified: 19 May 2023 06:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62568

Actions (login required)

View Item View Item